detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 07 Apr 2021 15:40 WIB

Jelang Olimpiade, Greysia/Apriyani Jalani Program Latihan Ini

Mercy Raya - detikSport
Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih gelar nomor ganda putri Daihatsu Indonesia Masters 2020. Mereka juara usai melewati duel tiga gim di final. Jelang Olimpiade, Greysia/Apriyani Jalani Program Latihan Ini. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Greysia Polii, bersama Apriyani Rahayu, bersiap menghadapi Olimpiade Tokyo. Berikut program latihan Greysia/Apriyani dari pelatih nasional ganda putri, Eng Hian.

Bersama Apriyani Rahayu, Greysia menjadi satu-satunya wakil ganda putri Indonesia yang lolos kualifikasi Olimpiade. Saat ini mereka menempati peringkat tujuh multiajang olahraga terbesar empat tahunan tersebut.

Akan tetapi, kelolosan mereka menjadi tantangan tersendiri buat pelatih dalam menyiapkan program. Secara khusus kepada Greysia karena saat itu usianya sudah akan menginjak 33 tahun.

"Tentu mengembalikan perfoma Greysia/Apriyani menjadi tantangan, khususnya untuk Greysia. Saya harus buat program lagi seiring usianya bertambah. Dia bukan pemain muda lagi tentu fisik tahun lalu dan tahun ini ada perbedaan," kata Eng Hian dalam bincang-bincang dengan pewarta Rabu (7/4/2021) melalui Zoom.

Meski begitu komitmen Greysia, sebut Eng Hian, sangat tinggi. Artinya, penataan program dan staf pelatih PBSI baik dari fisik, gizi, sport science, hingga pendukung lainnya akan dimaksimalkan sekali guna menunjang program ke depan.

"Jadi kami akan meminimalkan supaya efek usia ini bisa diatasi. Kami akan atur lagi programnya supaya peak perfomancenya untuk Greysia/Apriyani ini bisa mencapai pada saat di Olimpiade," ujarnya.

Pelatih yang karib disapa Koh Didi ini, sekaligus menjelaskan bahwa dua turnamen yang tersisa menuju Olimpiade Tokyo hanya sebagai kejuaraan antara. Greysia/Apriyani dijadwalkan hanya mengikuti Malaysia Open 25-30 Mei dan Singapore Open pada 1-6 Juni mendatang.

"Jadi targetnya ini berbeda dengan pada saat turnamen di awal tahun (leg Asia). Kalau di awal tahun saya memang benar-benar ingin mereka tampil terbaik, nah di sisa turnamen Asia jelang Olimpiade ini saya cuma ingin mengevaluasi penampilan mereka dan menjaga agar mereka tidak cedera," dia mengungkapkan.

"Soal hasil nanti dulu. Jadi saya hanya evaluasi perfoma mereka di Malaysia dan Singapura, serta calon-calon lawan mereka di Olimpiade, serta menjaga mereka dari cedera itu saja," Eng Hian menegaskan soal persiapan Greysia/Apriyani untuk Olimpiade Tokyo.

Simak video'Move On All England, Greysia Polii Fokus Olimpiade Tokyo':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com