Mohammad Ahsan Ungkap Tantangan Terbesar Ramadhan Tahun Ini

Mercy Raya - Sport
Kamis, 15 Apr 2021 14:10 WIB
Mohammad Ahsan
Mohammad Ahsan mengungkap tantangan di bulan Ramadan tahun ini. (Foto: dok. PBSI)
Jakarta -

Mohammad Ahsan mengungkap tantangan terbesar memasuki bulan suci Ramadan tahun ini. Selain waktu latihan normal, ia dihadapkan persiapan menuju dua turnamen kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Ahsan bersama Hendra Setiawan sejatinya telah mengamankan tiket multievent yang dihelat 23 Juli-8 Agustus itu. Ia menempati peringkat dua sektor ganda putra klasemen road to Tokyo.

Meski telah aman, faktanya Ahsan masih harus tampil di Malaysia Open dan Singapore Open yang berlangsung akhir Mei hingga awal Juni 2021. Dua ajang itu selain sebagai perebutan poin kualifikasi, juga sebagai persiapan akhir pemain sebelum turun di Olimpiade.

Makanya, persiapan pun terus dilakukan untuk memaksimalkan target terbaik di dua turnamen level 750 dan 500 tersebut. Tapi memang jauh lebih berat karena persiapan bersamaan dengan umat muslim menjalankan ibadah puasa.

"Kalau tahun lalu kan masih awal pandemi, pertandingan juga disetop semua, jadi memang tidak ada persiapan apa-apa. Paling jaga kondisi dan fokus puasanya. Kalau sekarang kita harus pintar berbagi. Puasa jalan dan latihan seperti biasa," kata Ahsan kepada detikSport.

Sejauh ini, pemain berusia 33 tahun ini mengaku puasanya masih penuh. Kebetulan tiga hari terakhir agenda dari PBSI belum terlalu berat.

"Hari pertama kan libur. Rabu latihan memang cuma setengah hari. Hari ini sekarang baru mencoba latihan pagi sore, tapi alhamdullilah paginya cuma tes kesehatan. Nah, ini nanti jam 2 baru latihan lagi full seperti apa," kata Ahsan mengungkapkan.

"Mungkin bisa (latihan dibarengi puasa) tapi lebih susah lah pokoknya ke depannya. Tapi dicoba saja dengan niatan puasanya," tambahnya.

Juara Dunia Bulutangkis 2019 ini juga terus berupaya mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan-makanan berprotein tinggi dan vitamin saat berbuka maupun sahur.

"Pastinya dari makanan yang berkualitas dan bergizi saat sahur dan berbuka. Segala macam dimakan meskipun tak sembarangan juga. Seperti vitamin dan makanan lainnya seperti kurma itu wajib disiapkan," katanya.

"Saya belum tahu efeknya ke tubuh seperti apa? Tapi saya suka saja. Seharusnya itu bagus buat tubuh kita ya," dia mengungkapkan.

Suami dari Christine Novitania ini pun berdoa semoga Ramadhan tahun ini bisa dijalaninya selama sebulan penuh. "Inginnya bisa full puasa cuma tantangannya lebih berat karena latihannya normal seperti biasa. Ya, tinggal kita lihat saja. Bismillah saja lah pokoknya," dia mengharapkan.

"Kalau soal karier banyak berdoa supaya enggak cedera. Saya dan partner sehat-sehat terus dan tetap berprestasi," ucap Ahsan.

Lihat juga video 'Ganda Putri Indonesia Mundur Dari Orleans Masters 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/cas)