Turnamen Nasional Masih Minim, PB Djarum Kirim Atlet ke Eropa

Mercy Raya - Sport
Kamis, 06 Mei 2021 18:30 WIB
Ihsan Maulana Mustofa dan 16 atlet PB Djarum akan dikirim ke turnamen di Eropa.
PB Djarum kirim 17 atlet ke turnamen di Eropa, termasuk Ihsan Maulana Mustofa. (Foto: dok.PB Djarum)
Jakarta -

Sebanyak 17 atlet PB Djarum akan berlaga di empat turnamen Eropa. Minimnya kejuaraan nasional menjadi alasan utamanya.

Dua di antara atlet tersebut ialah eks atlet Pelatnas yaitu Ihsan Maulana Mustofa dan Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Mereka akan berjuang bersama atlet lainnya yaitu Dejan Ferdinansyah, Serena Kani, serta Ghana Muhammad Al ilham di kategori atlet senior. Kelima atlet tersebut akan mentas di turnamen BWF Super 300 Spain Masters 2021 (18-23 Mei) dan international series Austrian Open 2021 (27-30 Mei).

Sementara 12 atlet lainnya akan tampil di kategori junior untuk mengikuti Slovenia International dan Croatia Valamar Junior Open 2021.

Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, mengatakan keikutsertaan atletnya di turnamen-turnamen Eropa merupakan upaya untuk mengatasi ketiadaan turnamen nasional di Indonesia sejak pandemi COVID-19.

"Di dalam negeri belum ada sama sekali. Asia Tenggara juga tidak ada, akhirnya kami melihat momentum di Eropa. Dengan jumlah terbatas kami siapkan mereka jauh-jauh hari," kata Yoppy dalam jumpa persnya Kamis (6/5/2021).

Sehubungan itu, Yoppy yang juga Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, juga ingin melihat kesiapan atlet setelah sekian bulan menjalani latihan tanpa adanya pertandingan.

Selain itu, keikutsertaan pemain di turnamen internasional juga untuk menambah pengalaman sekaligus mengasah kemampuan para pebulutangkis muda dengan harapan berprestasi di masa mendatang.

"Jadi memutuskan mengirim para atlet ini juga melalui pertimbangan matang dan diskusi dengan pelatih. Dan akhirnya kami putuskan mengirim untuk dewasa dan junior," ujarnya.

Sementara itu, Ihsan mengaku tak sabar berlaga lagi di lapangan. Antusiasme Ihsan ditegaskan ia dengan memasang target tinggi yaitu juara.

"Saya merasa kangen bertanding lagi karena akhirnya setelah mengundurkan diri dari Pelatnas 1,5 tahun lalu, terakhir kali home tournament, nanti bisa main lagi," kata Ihsan.

"Jadi saya ingin juara di Spanyol apalagi ini perdana buat saya di tengah pandemi," tambahnya.

Menukil undian Spain Masters, Ihsan akan menghadapi kompatriotnya, Shesar Hiren Rhustavito, di babak pertama. Ihsan mengaku sudah menyimpan kelemahan dan kelebihan dari unggulan satu tersebut.

"Kami sudah sama-sama tahu, sempat latihan bersama juga waktu di Pelatnas PBSI. Bertanding pun sering ketemu, penah menang kalah juga. Jadi pokoknya usaha yang terbaik saja nanti, yang jelas saya ingin menang," ujarnya.



Simak Video "Moeldoko Sambangi PB Djarum: Tak Ada Eksploitasi, Teruskan Audisi!"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)