Olimpiade Tokyo: Pelatih Jaga Motivasi Praveen/Melati Agar Tak Kendur

Mercy Raya - Sport
Selasa, 25 Mei 2021 18:40 WIB
Lolos ke perempatfinal Indonesia Masters 2020.
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Grandyos Zafna/detkSport)
Jakarta -

Persiapan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti jelang Olimpiade 2020 Tokyo dinilai sudah cukup baik. Pasangan ini hanya diminta jaga motivasi agar tak kendur sampai multievent empat tahunan itu tiba.

Hal itu dipertegas pelatih ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky, karena banyaknya turnamen-turnamen yang dibatalkan imbas pandemi COVID-19. Padahal sejumlah kejuaraan itu bagian dari program latihan dan uji coba para pemain jelang Olimpiade.

"Kami berupaya agar mereka (Praveen/Melati) tidak terganggu fokusnya, karena selama ini banyak sekali pertandingan sudah siap tapi ditunda atau dibatalkan," kata Richard kepada detikSport, Selasa (25/5/2021).

"Sebab, sebagai pelatih pun kami merasakan turun naiknya latihan dan itu cukup mengganggu. Kalau sudah dibatalkan maka latihannya mau tak mau mulai dari umum lagi. Ini yang paling susah, kan kasihan atletnya," ujarnya.

"Makanya, kami jaga betul motivasi mereka supaya tetap semangat. Hal-hal itu yang kami jaga dan detailkan di waktu yang tersisa jelang Olimpiade ini. Jangan sampai mereka terpengaruh, kami menjaga itu."

Faktanya tidak hanya soal pembatalan turnamen saja yang mengganggu. Richard juga mengakui persoalan lolos tidaknya Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi catatan tersendiri.

Bagaimanapun, kehadiran pasangan lain untuk mendampingi saat pertandingan multievent besar cukup mempengaruhi baik dari segi latihan maupun sparring partner.

"Sampai sekarang saya masih berpikir Hafiz/Gloria tetap ikut (ke Olimpiade) dan saya tetap mempersiapkan semua. Sebab, jika kita menunggu keputusan akan boros target dan telat, lebih baik siapkan terus Hafiz/Glorianya supaya tidak kendur," Richard mengungkapkan.

Jika terpaksa hanya bisa mengirim satu wakil, Richard menyebutkan, sudah menyiapkan rancangan lain untuk sparring partner Praveen/Melati.

"Kami sudah siapkan tim sparing, tinggal bagaimana dari Jepang (tuan rumah) apakah boleh bawa lebih banyak orang untuk sparing, karena sekarang lagi pandemi kan," tuturnya.

Simak juga 'Kesiapan Jepang 2 Bulan Jelang Pembukaan Olimpiade Tokyo':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)