Total Sementara Atlet RI yang Akan Berjuang di Olimpiade Tokyo

Mercy Raya - Sport
Senin, 31 Mei 2021 07:15 WIB
Jakarta -

Chef de Mission (CdM) Olimpiade Indonesia, Rosan P Roeslani merespons kegagalan bulutangkis Indonesia menambah wakil di Olimpiade 2020 Tokyo. Ia memahami karena kondisi COVID-19.

PP PBSI sebenarnya masih berpeluang menambah wakilnya di sektor ganda campuran, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widajaja, ke multiajang empat tahunan itu.

Namun, pembatalan dua turnamen yang merupakan kualifikasi terakhir, Malaysia dan Singapore Open 2021, membuat Hafiz/Gloria harus mengubur mimpinya untuk memperbaiki poin. Mereka kini menempati peringkat sembilan race to Tokyo.

Kesempatan Hafiz/Gloria kian tertutup rapat setelah BWF mengumumkan tak ada lagi turnamen kualifikasi hingga jelang Olimpiade 23 Juli-8 Agustus. Dengan begitu, nama-nama yang lolos juga tidak ada perubahan. Hafiz/Gloria dipastikan tidak lolos Olimpiade.

"Ya memang ini yang terjadi di babak kualifikasi yang diperpendek karena pandemi COVID-19. Dan ini terjadi tidak hanya pada cabang bulutangkis, tapi banyak cabang. Seharusnya peluangnya dapat (tiket) lebih banyak, tapi karena kualifikasi dihentikan jadi tidak bisa bertanding," kata Rosan kepada detikSport, Minggu (30/5/2021).

Meskipun begitu, sebut Rosan, Indonesia masih berpeluang untuk menambah wakil-wakilnya dari cabang olahraga lain. Selain 19 atlet dari enam cabang olahraga yang sudah mengantongi tiket tampil di Olimpiade, ada tiga cabang olahraga yang diprediksi mendapat wild card.

"Untuk wild card dari tiga cabor seperti renang, balap sepeda freestyle, dan senam. Sedangkan yang sudah pasti ada 19 atlet dari 6 cabor, bulutangkis, menembak, atletik, panahan, angkat besi, dan rowing," ujarnya.

"Jadi untuk daftar terakhir atlet yang lolos masih menunggu cabang-cabang yang mendapat wild card tersebut," tambahnya.

Berikut daftar atletnya :

Bulutangkis (11 atlet)

Tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, dua ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, serta ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Atletik

Lalu Muhammad Zohri (100 meter putra)

Angkat Besi

Eko Yuli Irawan (61 kg putra)

Windy Cantika Aisah (49 kg)

Rowing

Mutiara Rahma Putri/Melani Putri (lightweight women's double sculls (LW2x)

Panahan (Lolos by nomor)

Recurve Putra

Recurve Putri

Menembak

Vidya Rafika Rahmatan Thayiba (Air Rifle Match dan 3 Position 50 meter putri).

(mcy/aff)