Indonesia Bawa Pulang Dua Gelar dari Austria Open 2021

Mercy Raya - Sport
Senin, 31 Mei 2021 18:00 WIB
Serena Kani/Ni Ketut Mahadewi Istarani
Indonesia Bawa Pulang Dua Gelar dari Austria Open 2021 (PB Djarum)
Jakarta -

Atlet bulutangkis Indonesia kembali memboyong gelar juara di turnamen internasional Austria Open 2021. Dua gelar itu datang dari sektor ganda putri dan tunggal putra.

Ialah ganda putri binaan PB Djarum Serena Kani/Ni Ketut Mahadewi Istarani berhasil naik podium international series yang berlangsung 27 hingga 30 Mei 2021.

Mereka mengalahkan pasangan Malaysia Anna Ching Yik Cheong/Yap Cheng Wen di babak final yang berlangsung pada Minggu (30/5/2021). Serena/Ketut menang dua gim langsung dengan skor 21-12, 21-16 di Graz, Austria.

Kemenangan ini menjadi sebuah pencapaian gemilang dari target yang dipatok PB Djarum setelah di turnamen Spain Masters 2021 mereka gagal meraih gelar.

"Kemenangan ini sesuai dengan harapan kami karena targetnya di setiap turnamen yang diikuti ada atlet yang berhasil meraih juara," kata Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/5/2021).

Serena Kani/Ni Ketut Mahadewi IstaraniSerena Kani/Ni Ketut Mahadewi Istarani (PB Djarum)

Menurut Yoppy, daya juang Serena/Ketut dari partai awal hingga partai final patut diacungi jempol. Mereka berhasil menerapkan stargei yang diberikan pelatih untuk tak terburu-buru menyerang.

"Mereka tidak bermain buru-buru untuk menyerang dan memanfaatkan kelemahan lawan. Ketahanan fisik mereka juga bagus karena Serena/Ketut juga turun di ganda campuran," ujarnya.

"Dengan kemenangan ini diharapkan dapat memotivasi atlet lainnya dalam meraih gelar di turnamen berikutnya," Yoppy mengharapkan.

Sementara itu, baik Serena maupun Ketut senang bukan main. Juara Austria Open 2021 menjadi gelar pertama mereka sejak berpasangan "Saya sangat senang dan sangat bersyukur dengan kemenangan ini, walaupun memang lebih fokus main mix double tapi tetap harus memaksimalkan peluang di nomor ganda putri," kata Serena.

"Dari kemenangan ini kami semakin termotivasi untuk lebih all out buat ke level yang lebih tinggi. Kemenangan ini kami persembahkan untuk Pb Djarum, keluarga, rekan berlatih, dan semua pelatih, serta yang pasti untuk Indonesia," ujarnya.

Selain dari ganda putri, Indonesia juga merebut gelar di nomor tunggal putra melalui Panji Ahmad Maulana dari PB Candra Wijaya. Bertanding lewat babak kualifikasi, Panji berhasil melaju sampai pantai puncak. Di final ia menghadapi tunggal Prancis, Arnaud Merkle dengan skor 11-21, 21-8, 21-15.

Sebelumnya, PB Djarum mengirimkan 17 atlet ke empat turnamen Eropa, yakni turnamen BWF Super 300 Spain MAsters 2021, international seris Austrian Open 2021, Slovenia International, dan Croatia Valamar Junior Open 2021.

Di Spain Masters mereka gagal meraih gelar, sedangkan di Slovenia International 2021, Merah-Putih berhasil memboyong dua gelar juara dari tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari dan ganda putra Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindo Rindo.

(mcy/aff)