Novak Djokovic Juara Prancis Terbuka 2021

Novitasari Dewi Salusi - Sport
Senin, 14 Jun 2021 01:02 WIB
Serbias Novak Djokovic celebrates as he defeats Stefanos Tsitsipas of Greece during their final match of the French Open tennis tournament at the Roland Garros stadium Sunday, June 13, 2021 in Paris. (AP Photo/Thibault Camus)
Novak Djokovic juara Prancis Terbuka 2021 (Foto: AP/Thibault Camus)
Paris -

Novak Djokovic keluar sebagai juara Prancis Terbuka 2021. Djokovic bangkit dari ketertinggalan dua set untuk mengalahkan Stefanos Tsitsipas di final.

Dalam pertandingan di lapangan Philippe Chatrier, Minggu (13/6/2021) malam WIB, Djokovic sempat kehilangan dua set pertama. Pada akhirnya, petenis nomor satu dunia itu menang 6-7(6-8), 2-6, 6-3, 6-2, 6-4 atas Tsitsipas usai bertarung selama 4 jam 11 menit.

Di set penentuan, Tsitsipas sempat menunda kemenangan Djokovic dengan menyelamatkan match point dengan sebuah pukulan forehand. Namun, Djokovic tetap tenang dan mengonversi match point keduanya jadi kemenangan.

"Saya main hampir 9 jam dalam 48 jam terakhir melawan dua juara luar biasa, benar-benar berat secara fisik selama tiga hari terakhir, tapi saya percaya pada kemampuan saya dan tahu bisa melakukannya," ujar Djokovic usai pertandingan seperti dilansir BBC.

Ini jadi gelar Prancis Terbuka yang kedua untuk Djokovic. Sebelumnya, petenis asal Serbia itu juara di Roland Garros pada 2016.

Djokovic juga menorehkan sebuah rekor lewat kesuksesannya di Prancis Terbuka 2021. Dia jadi petenis pertama yang menjuarai keempat grand slam masing-masing setidaknya dua kali sejak era Open dimulai pada 1968.

Secara keseluruhan, Novak Djokovic kini sudah mengoleksi 19 gelar grand slam. Dia sudah sangat dekat dengan torehan Roger Federer dan Rafael Nadal yang sama-sama punya 20 gelar grand slam.

(nds/mrp)