Olahraga Susy Susanti Saat Pandemi: Sepedaan dan Jalan Kaki

Mercy Raya - Sport
Rabu, 30 Jun 2021 18:10 WIB
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, memiliki pesan khusus kepada pebulutangkis yang berlaga di All England 2019.
Susy Susanti mengungkap olahraganya di saat pandemi. (Foto: detikcom/Agung Pambudhy)
Jakarta -

Legenda hidup bulutangkis Susy Susanti punya cara tersendiri untuk menjaga imunitas tubuhnya tetap fit di tengah pandemi COVID-19. Jalan kaki dan sepeda selama 30 menit caranya.

Pandemi COVID-19 bisa dibilang cukup membatasi ruang gerak seseorang, terlebih di tengah lonjakan kasus belakangan ini. Susy pun merasakan dampaknya.

Akan tetapi situasi tersebut tak lantas menghentikan peeraih medali emas Olimpiade 1992 itu untuk tetap berolahraga, terlebih kesehatan saat ini menjadi yang paling utama.

"Pasti tantangannya cukup berat di saat pandemi ini. Sulit dan saat pandemi ini memang kesehatan yang menjadi utama sehingga sangat penting untuk kita harus selalu berolahraga," kata Susy dalam jumpa pers relaunch Astec #KitaMenangBersama, pada Rabu (30/6/2021).

"Sebab, dengan berolahraga paling tidak akan meningkatkan imun kita. Jadi buat masyarakat dan seperti yang dikatakan pemerintah selain kita juga harus ikut protokol kesehatan tapi olahraga sangat penting untuk saat-saat sulit ini," ujarnya.

Susy sendiri sejauh ini tidak melulu berolahraga dengan bermain bulutangkis, sekalipun tepok bulu merupakan andalannya. Saat ini, ia lebih banyak olahraga jalan kaki dan bersepeda.

"Ada pembatasan yang saat ini sedang berjalan, sehingga tak selalu saya bermain bulutangkis sekarang. Tapi lebih rutin setiap harinya itu berjalan kaki dan bersepeda, yang pasti setiap hari harus olahraga. Minimal 30 menit untuk menjaga kesehatan kita," dia mengungkapkan.

Sejalan dengan Misi Astec

Apa yang dilakukan Susy boleh jadi turut meningkatkan kesadaran masyarakat berolahraga di tengah pandemi COVID-19. Berangkat dari itu pula, bersama Alan Budikusuma, Susy yang kini merintis usaha produk olahraga, dari mulai kaus, jersey, sepatu, hingga raket, terus berupaya mengembangkan kualitas Astec (Alan Susy Technology).

Tak hanya harganya yang menjangkau masyarakat secara luas, keberadaan Astec sebagai merek produk olahraga lokal Indonesia juga terus melakukan inovasi dalam menyediakan berbagai lini produk berkualitas dengan harga terjangkau untuk bisa digunakan di saat pandemi.

"Kami ingin membuktikan bawa merek dalam negeri pun mampu bersaing dengan merek dari luar yang sudah lebih dulu hadir dan mendominasi pasar produk olahraga di Indonesia, bahkan dunia," kata Susy.

Hal serupa diungkapkan Alam Budikusma. Ia menyebut Astec hadir untuk menginspirasi masyarakat Indonesia di situasi sulit karena pandemi.

"Astec hadir memberikan semangat #KitaMenangBersama agar mampu menginspirasi masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19 serta kesibukan aktivitas sehari-hari," kata Alan menimpali.

"Pada kesempatan ini, kami pun ingin membagikan pedoman hidup yang dijalani selama menjadi atlet hingga saat ini mengembangkan bisnis Astec," tambahnya.

(mcy/cas)