Tampil di Tiga Nomor Para Badminton, Leani Oktila Belum Terkalahkan

Mercy Raya - Sport
Kamis, 02 Sep 2021 15:30 WIB
Leani Ratri Oktila bersiap memburu medali di Paralimpiade Tokyo 2020 via parabadminton.
Tampil di Tiga Nomor Para Badminton, Leani Oktila Belum Terkalahkan. Foto: dok.NPC Indonesia
Jakarta -

Atlet para badminton Leani Ratri Oktila belum terkalahkan di tiga nomor pada laga-laga awalnya di Paralimpiade Tokyo 2020. Ia selalu menang dua gim.

Ratri, sapaan karib Leani Ratri Oktila turun di nomor tunggal putri SL4, ganda putri SL3-SU5 berpasangan Khalimatus Sadiyah, dan ganda campuran SL3-SU5 yang berpasangan Hary Susanto.

Dari hasil tiga laga yang ia lakoni seluruhnya memetik kemenangan. Pertama ia tampil di babak penyisihan Grup A ganda campuran SL3-SU5 berpasangan dengan Hary Susanto.

Ia dan Hary menang dua gim langsung dalam partai Paralimpiade Tokyo 2020 yang bergulir di Yoyogi National Stadium, Rabu (1/9). Ratri dan Hary yang menempati unggulan pertama menang dengan skor 21-12, 21-11 pasangan Jepang, Daisuke Fujihara/Akiko Sugino.

Terbaru, Leani yang memainkan dua pertandingan sekaligus pada Kamis (2/9) juga mengantongi kemenangan pertama di babak penyisihan Grup A ganda putri SL3-SU5 berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah. Mereka menang mudah atas ganda Thailand, Nipada Saensupa/Chanida Srinavakul dengan skor 21-9, 21-13.

Kemudian atlet kelahiran 6 Mei 1991 itu melawan rekan senegaranya, Khalimatus Sadiyah di penyisihan Grup A tunggal putri SL4. Hasilnya juga berujung kemenangan. Ratri menang straight game 21-14, 21-10 atas Khalimatus.

Rentetan kemenangan ini pun membuatnya saat ini menempati peringkat pertama klasemen masing-masing grup di tiga nomor yang ia lakoni.

Hasil ini juga wajar mengingat Ratri merupakan pemain ranking satu dunia baik di nomor ganda campuran, ganda putri, dan tunggal putri.

Leani juga kerap menjadi andalan Indonesia untuk meraih prestasi di berbagai kejuaraan termasuk juara dunia. Dia juga peraih medali emas di Asian Paragames 2014 Incheon dan 2018 Jakarta sektor ganda campuran.

Di laga Paralimpiade Tokyo 2020 selanjutnya hari Jumat (3/9), Leani Ratri Oktila akan tampil di dua nomor sekaligus. Yaitu nomor ganda putri SL3-SU5 bersama Khalimatus Sadiyah melawan Ito Noriko/Suzuki Ayako pukul 16.00 waktu Tokyo. Serta tunggal putri SL 4 menghadapi wakil Prancis Noel Faustine pada pukul 19.20 waktu setempat.

(mcy/krs)