Paralimpiade Tokyo: Dheva Kokoh di Puncak Klasemen Tunggal Putra Grup A

Mercy Raya - Sport
Kamis, 02 Sep 2021 16:15 WIB
Para atlet Dheva Anrimusthi berhasil raih medali emas usai menangkan pertandingan all Indonesian Final. Dheva mengalahkan para atlet Indonesia Suryo Nugroho.
Dheva Anrimusthi (Foto: Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta -

Atlet para badminton Indonesia, Dheva Anrimusthi, memetik kemenangan kedua di sektor tunggal putra SU5. Posisinya pun kokoh di puncak klasemen Grup A.

Dalam pertandingan di Yoyogi National Stadium, Tokyo, Kamis (2/9/2021), Dheva mengalahkan wakil dari Prancis, Meril Loquette, dua gim langsung dengan skor identik 21-10.

Pada gim pertama, Dheva sempat ketinggalan dua poin di awal pertandingan. Tapi akhirnya ia berhasil mengejar dan berbalik unggul menjadi 5-2.

Dheva juga mengunci permainan dan terus mengungguli Laquette sampai interval pertama 11-5. Dheva yang di atas angin membuat lawan tertekan. Ia kerap mendapatkan empat angka hingga menutup pertandingan gim pertama 21-10.

Memasuki gim kedua, Dheva berupaya langsung tancap gas. Hal itu dibuktikannya setelah mengambil poin pertama di awal pertandingan. Dia meninggalkan lawan sampai turun minum gim kedua dengan skor 11-6.

Loquette sempat mengejar dengan meraih dua poin setelah interval, tapi kemudian Dheva membalaskan dengan merebut enam poin atau skor menjadi 17-8. Dheva juga tak butuh waktu lama untuk menuntaskan game dengan skor kemenangan 21-10.

Hasil ini membuat Dheva sudah mengemas dua kemenangan dari dua laga yang ia lakoni sejak Rabu (1/9). Sebelumnya, ia juga meraih poin usai melakukan pertandingan melawan kompatriotnya, Suryo Nugroho.

Suryo sendiri akhirnya bisa memetik kemenangan pertamanya di babak penyisihan Grup A tunggal putra SU5. Menghadapi Mroz Bartlomiej, dia menang dua gim dengan skor 21-13, 21-10.

Sejak awal gim pertama, Suryo memegang kendali permainan atas Bartlomiej. Beberapa di antara poin tersebut ia hasilnya lewat servisnya sebanyak 14 poin di gim pertama, dan 13 poin pada gim kedua.

Sementara lawannya tak berkutik. Dibandingkan Suryo yang mampu mencetak angka empat sampai enam kali sepanjang pertandingan, Bartlomiej hanya mampu mencetak satu dua angka dalam permainan.

Menukil klasemen Grup A, Dheva berada di urutan pertama dengan dua kemenangan, diikuti Suryo yang berada di peringkat dua dengan mengemas satu kemenangan dan satu kekelahan, sedangkan peringkat tiga diduduki Loquette, dan terakhir Bartlomiej dengan hasil kalah dua kali.

Baik Dheva maupun Suryo masih akan menjalani satu laga terakhir untuk menentukan juara Grup A dan memastikan diri lolos ke babak perempatfinal.

Pada laga Paralimpiade Tokyo berikutnya Jumat (3/9), Dheva akan menghadapi Bartlomiej, sedangkan Suryo akan menghadapi Loqutte pukul 12.20 waktu lokal.

(mcy/aff)