Kekuatan Bulutangkis RI Merata, Optimistis ke Piala Sudirman

Mercy Raya - Sport
Rabu, 22 Sep 2021 11:17 WIB
Mohammad Ahsan and Hendra Setiawan of Indonesia compete against Malaysias Aaron Chia and Wooi Yik Soh during mens doubles Badminton match at the 2020 Summer Olympics, Monday, July 26, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Dita Alangkara)
Hendra Setiawan menilai kekuatan tim Bulutangkis Indonesia merata, punya peluang juara Piala Sudirman 2021. (Foto: AP/Dita Alangkara)
Jakarta -

Pemain ganda putra Hendra Setiawan menilai peluang Indonesia membawa Piala Sudirman tahun ini terbuka. Kekuatan pemain yang merata jadi alasannya.

Piala Sudirman berlangsung di Vantaa, Finlandia, 26 September sampai 3 Oktober. PBSI mengirimkan 20 atlet andalannya yang terdiri dari 11 atlet putra dan 9 atlet putri.

Dari komposisi itu, Hendra menilai Indonesia mampu bersaing di kejuaraan beregu campuran tersebut.

"Kita punya peraih medali emas Olimpiade di ganda putri, pemain nomor satu dunia di ganda putra (Kevin Sanjaya/Marcus Gideon) Jojo (Jonatan Christie) dan (Anthony) Ginting di tunggal putra juga bagus. Merata lah kekuatannya jadi semoga tahun ini kita bisa membawa pulang Piala Sudirman," tutur Hendra Setiawan yang juga pemain ranking 2 dunia bersama Mohammad Ahsan ini, dalam keterangan tertulisnya.

PBSI mematok target awal menjadi juara Grup C, sebelum kemudian membidik prestasi juara di ajang tersebut. Meskipun tak mudah, menurut peraih medali emas Olimpiade 2008 Beijing ini, peluang Indonesia untuk merengkuh kali kedua Piala Sudirman tetap begitu terbuka.

"Kans semua tim fifty-fifty tergantung nanti bagaimana di lapangannya saja. Semoga semua bisa bermain lepas," ucap Hendra.

Sebagai pemain paling senior, Hendra juga siap berbagi pengalaman dengan anggota tim yang lain. Menurutnya, tampil di kejuaraan beregu dan perseorangan itu berbeda. Dia pun siap mendukung agar pemain muda bermain lebih lepas dan tidak dalam tekanan saat bertanding.

"Saya senang dan welcome dengan pemain-pemain muda yang masuk tim. Sangat bagus untuk mereka karena ini menjadi pengalaman bagaimana tampil di ajang beregu yang besar. Saya lebih banyak kasih masukkan saja ke mereka nanti," ujarnya.

Ditambahkan oleh Greysia Polii, dia melihat tim Piala Sudirman kali ini terasa lebih kompak. Kebersamaan tim juga begitu kental.

"Saya lihat kebersamaan dan kekompakan tim kali ini begitu kental. Ini bisa menjadi modal bagi Indonesia untuk merebut Piala Sudirman," ujar Greysia.

"Kami juga memohon doa restu seluruh rakyat Indonesia agar bisa bermain maksimal dan memetik sukses di Finlandia nanti," harap peraih emas Olimpiade Tokyo bersama Apriyani Rahayu ini.



Simak Video "The Daddies Gagal ke Final, Netizen Beri Semangat Raih Perunggu"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)