Ada Apa dengan Kevin/Marcus?

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 02 Okt 2021 12:40 WIB
Indonesias Marcus Gideon and Kevin Sanjaya Sukamuljo play against Taiwans Lee Yang and Wang Chi-Lin during their mens doubles group play stage badminton match at the 2020 Summer Olympics, Tuesday, July 27, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Dita Alangkara)
Kevin/Marcus dua kali dikalahkan lawan yang sama di Olimpiade Tokyo dan Piala Sudirman. (Foto: AP/Dita Alangkara)
Jakarta -

Di perempatfinal Piala Sudirman 2021, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal jadi pembuka jalan Indonesia yang akhirnya tersingkir. The Minions kalah lagi dari Aaron Chia/Soh Woi Yik.

Partai perempatfinal Piala Sudirman antara Indonesia vs Malaysia menghadirkan nomor ganda campuran di partai pertama. Kevin/Marcus berhadapan dengan Aaron/Woi Yik.

Di atas kertas, partai ini akan dapat dimenangi the Minions yang merupakan ganda putra peringkat satu dunia. Lawannya sendiri kini ada di peringkat kedelapan.

Di atas lapangan, Kevin/Marcus malah kalah dua gim langsung dengan skor 12-21 dan 15-21. Hasil itu, pada prosesnya, ikut mengiringi tersingkirnya Indonesia dengan skor 2-3 atas Malaysia.

Selain Kevin/Marcus, ada Anthony Sinisuka Ginting dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang juga harus mengakui keunggulan lawan. Dua poin dihasilkan Gregoria Mariska Tunjung dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Malaysia's Aaron Chia and Soh Wooi Yik celebrate after defeating Indonesia's Marcus Fernaldi Gideon and Kevin Sanjaya Sukamuljo during their men's doubles quarterfinal match at the 2020 Summer Olympics, Thursday, July 29, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Dita Alangkara)Aaron Chia/Soh Wooi Yik saat mengalahkan Kevin/Marcus di Olimpiade Tokyo, Foto: (AP/Dita Alangkara)

Buat Kevin/Marcus, hasil itu menjadi kekalahan kedua secara berturut-turut atas lawan yang sama. Sebelum ini Aaaron Chia/Soh Woi Yik juga bikin kejutan dengan menyingkirkan the Minions di perempatfinal ganda putra Olimpiade 2020.

Yang menarik, menilik data Tournament Software, sebelum kekalahan di Olimpiade itu Kevin/Marcus sebenarnya sempat punya rekor sempurna atas Aaron/Woi Yik dengan tujuh kemenangan. Kini si pasangan Malaysia sudah berhasil memperkecil ketinggalan head to head dengan dua kemenangan beruntun dalam pertemuannya dengan the Minions.

Dengan gelaran Piala Thomas dan Piala Uber sudah di depan mata, pada 9-17 Oktober 2021 mendatang, performa Kevin/Marcus itu membuat legenda bulutangkis Imelda Wiguna bertanya-tanya.

"Ujung tombaknya itu memang partai pertama. Dulu itu waktu Uber Cup menang tahun 1994 dan 1996 itu ujung tombaknya Susy Susanti. Dan dia memang hebat ketika diharapkan harus terus menang dia berhasil lakukan," katanya dalam obrolan dengan detikSport.

"Nah, saya tidak tahu juga ada apa dengan Kevin dan Gideon. Head to headnya memang kemarin sempat kalah dengan Malaysia ini (di Olimpiade). Mungkin apakah akan konsentrasi Thomas dan Uber Cup yang ada di depan mata juga? Tapi ya sudah. Apapun yang terjadi tidak bisa diubah. Bagaimana nanti yang ada di depan mata saja (Thomas dan Uber Cup). Mudah-mudahan mereka bisa fokus," ucapnya berharap.

(mcy/krs)