Cara Jonatan Christie Cegah Stres di Tengah Padatnya Turnamen

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Senin, 22 Nov 2021 15:25 WIB
Jonatan Christie
Cara Jonatan Christie Cegah Stres di Tengah Padatnya Turnamen (Foto: detikcom/Rifqi Ardita Widianto)
Nusa Dua -

Langkah BWF menyusun turnamen secara beruntun untuk memudahkan para atlet menghadirkan risiko lain. Ada risiko kejenuhan yang dihadapi pebulutangkis.

Seperti diketahui pandemi membuat BWF merangkai turnamen di satu lokasi. Ini jadi cara termudah agar untuk mengatasi aturan karantina dan meminimalisasi perpindahan atlet.

Langkah ini sudah dijalankan sejak awal tahun di Thailand dengan sistem bubble, lalu pindah ke Eropa dengan rangkaian Piala Sudirman, Piala Thomas-Uber, Denmark Open, French Open, dan German Open.

Giliran Indonesia menjadi tuan rumah pada November-Desember ini. Indonesia mendapatkan jatah menggelar Indonesia Masters, Indonesia Open, dan BWF World Tour Finals 2021 di Nusa Dua, Bali dengan sistem bubble.

Nah, tantangan buat para pemain dengan rangkaian turnamen yang berdekatan dan aturan bubble alias gelembung adalah menjaga kondisi fisik dan mental. Sistem gelembung di Bali masih cukup mudah untuk para pemain, dengan penyelenggara hanya membatas mereka untuk tak keluar area hotel The Westin Resort.

Itu jauh lebih longgar dibandingkan di Thailand, ketika para pemain tak diperbolehkan keluar kamar kecuali untuk bertanding. Bahkan tak diizinkan untuk latihan.

Meski demikian, hidup di dalam sistem gelembung, biar bagaimanapun aturannya, menghadirkan risiko untuk mengalami kejenuhan meski cukup longgar seperti di Bali. Pebulutangkis tunggal putra Jonatan Christie punya caranya sendiri untuk tak stres di dalam gelembung dan di tengah tekanan turnamen.

"Memang enggak mudah untuk menjaga mood, pikiran, motivasi dalam kondisi lelah, untuk bisa kembali 100% dengan jadwal yang begitu padat, turnamen yang sangat ketat persaingannya. Benar-benar harus fresh banget kan," ungkapnya dalam jumpa pers Indonesia Open 2021 di Bali International Convention Center, Senin (22/11/2021) siang.

"Kalau saya pribadi saya lebih memilih untuk melakukan hal-hal yang saya suka, biar enggak terlalu butek pikirannya di bulutangkis. Karena tiap hari, tiap minggu ada jadwal pertandingan yang padat, saya melakukan hal-hal yang saya suka, untuk menghilangkan rasa bosen. Nonton film, main game, itu aja sih," imbuhnya.

Lihat juga Video: Jonatan Christie Kandas di Babak 16 Besar Indonesia Masters 2021

[Gambas:Video 20detik]



(raw/aff)