Alasan Juragan Beras Asal Sragen Beri Bonus ke Tim Thomas

Tim Detikcom - Sport
Sabtu, 04 Des 2021 20:06 WIB
Players from Indonesia celebrates after winning the Thomas Cup mens team badminton tournament in Aarhus, Denmark, Sunday Oct. 17, 2021. (Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP)
Indonesia pantas mendapat bonus karena menjuarai Piala Thomas (AP/Claus Fisker)
Jakarta -

Para pemain Indonesia sudah sepantasnya bonus atas keberhasilan menjuarai Piala Thomas. Sebab ajang tersebut tidak memberikan hadiah untuk pemenang.

Indonesia juara Piala Thomas usai mengalahkan tim China dengan skor 3-0 di Aarhus, Denmark, 17 Oktober lalu. Sponsor utama PBSI, BNI, kemudian memberikan bonus sebesar Rp 5 miliar pada 22 November lalu.

Tinggal pemerintah saja yang bonusnya dinanti-nanti. Tapi tak ada tanda-tanda itu yang membuat pemain misuh-misuh di media sosial. Salah satunya adalah Jonatan Christie yang paling kencang menyindir pemerintah.

Dia bahkan menyebut ajang Piala Thomas bukan seperti ajang-ajang lain yang memberikan hadiah. Jadi sudah sepantasnya para atlet mendapatkan hadiah atas keringat yang dikeluarkan untuk membawa nama Indonesia harum di mata dunia.

Nah, setelah Jonatan berkeluh kesah, muncul lagi bonus untuk skuat Piala Thomas dari pengusaha beras asal Sragen Billy Haryanto. Untuk diketahui, Billy adalah pemilik klub bulu tangkis di Sragen, Jawa Tengah.

Dia pun juga berposisi sebagai Dewan Penasehat PBSI dan sempat mengadakan Sragen Cup tengah tahun lalu, saat Indonesia dicoret dari perhelatan All England. Tak tanggung-tanggung, Billy merogoh koceknya senilai Rp 500 juta untuk memberikan hadiah kepada Jonatan dkk.

Bagi Billy, apa yang dilakukannya ini adalah atas dasar kecintaannya kepada bulutangkis Indonesia. Apalagi dia juga kenal dekat dengan beberapa pebulutangkis top Indonesia.

"Piala Thomas tidak ada hadiahnya, negara yang harusnya memberikan bonus atau hadiah. Ini Piala Thomas kan gengsinya tinggi sekali seperti Piala Dunia di sepak bola. Nama Indonesia jadi harum," ujar Billy dalam rilis kepada detikSport.

"Mereka layak dapat itu. Tapi duit (Rp500 juta) sebenarnya tak banyak karena dibagi dengan 14 orang Tim Thomas. Saya suka bulu tangkis dan kenal secara personal anggota Tim Thomas kita termasuk Jojo. Jadi, saya tidak ada motivasi lain selain alasan itu. Negara kasih bonus atau tidak, itu urusan lain. Saya hanya memperhatikan atlet-atlet kita dan bangga atas prestasi mereka," sambungnya.

Jonatan Christie lantas berterima kasih sekaligus mengapresiasi tinggi niatan baik Billy tersebut.

"Terima kasih Pak Billy atas "APRESIASI" yg sangat luar biasa ini Bahkan sudah cair langsung, dan gak perlu ada gimmick2 🙊😜ðŸĪŠ," ujar Jonatan di akun twitternya.

Untungnya setelah curhat Jonatan tersebut. skuat Piala Thomas akhirnya bakal menerima bonus dari pemerintah melalui Kemenpora, yang besarannya tidak mau disebut.

Bonus tersebut akan diberikan pada Selasa atau Rabu pekan depan, bersamaan dengan pemberian Satya Lencana Olahraga kepada lima orang yang dinilai telah berjasa besar terhadap olahraga Indonesia.

(mrp/aff)