Indonesia Tetap Kirim Wakil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, Siapa?

Mercy Raya - Sport
Rabu, 08 Des 2021 14:05 WIB
Dejan Ferdinansyah/Serena Kani jadi satu-satunya wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 di Huelva, Spanyol
Dejan Ferdinansyah tampil membela Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 (dok.PB Djarum)
Jakarta -

Indonesia masih mengirimkan wakilnya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021. Mereka tampil sebagai perwakilan PB Djarum.

Adalah ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Serena Kani yang akan tampil di Huelva, Spanyol, mulai 12-19 Desember mendatang. Kepastian itu disampaikan Koordinator Administrasi PB Djarum Lius Pongoh, yang menyebut atletnya lolos kualifikasi karena ada beberapa atlet Pelatnas yang mundur.

"Mereka berangkat nanti malam pukul 00.25 WIB menggunakan pesawat Qatar," kata Lius saat dikonfirmasi detikSport, Rabu (8/12/2021).

Lius tak menepis ada kekhawatiran soal meningkatnya varian baru virus Corona, virus Omicron. Akan tetapi, ia sudah mengonfirmasi secara langsung kepada pihak panitia penyelenggara, termasuk yang bertanggung jawab terkait protokol kesehatan COVID-19.

"Saya sudah tanya ke panitianya, ada regulasi baru tidak terkait (virus) Omicron? Dia bilang tak ada, masih mengikuti protokol BWF. Jadi tidak ada karantina juga. Takutnya kita sudah sampai sana ternyata ada karantina, kami malah tidak bisa main. Saya juga sudah cek ke Qatar Airways juga tidak ada (karantina) karena kami cuma transit bukan menginap di Doha. Ya sudah kami putuskan tetap berangkat," sambungnya.

Nantinya, Dejan/Serena akan didampingi satu orang pelatih Vita Marissa. "Jadi total tiga orang yang jalan. Pelatih dan pasangan ganda campuran ini karena memang yang qualified kan cuma satu," tuturnya.

Meskipun tak ada perubahan protokol kesehatan, juara Indonesia Open 1984 ini tetap menekankan atletnya untuk tetap menjaga kesehatan selama di Spanyol.

"Mereka sudah pernah pergi ke sana saat Spain Masters Mei lalu. Kotanya sama dan Prokesnya tak perubahan. Tapi yang penting mereka tetap jaga protokol kesehatan, kebetulan mereka juga sudah vaksinasi dua kali dan tes PCR hasilnya negatif. Ini tinggal berangkat nanti sore ke Bandara. Ya berdoa juga supaya mereka diberi kesehatan," Lius menegaskan.

Menukil hasil undian, Dejan/Serena akan menghadapi wakil dari Irlandia, Paul Reynolds/Rachael Darragh di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021. Pasangan ranking 97 dunia tak dipatok target khusus oleh PB Djarum.

"Saya sebagai bekas pemain inginnya mereka juara tapi ini kan Kejuaraan Dunia, kita harus realistis saja sih. Yang penting mereka main maksimal saja, sudah bagus menurut saya. Ya, minimal bisa bersaing lah," Lius mengharapkan.

Simak Video: Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis Gegara Omicron

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/mrp)