ADVERTISEMENT

Indonesia Pastikan Mundur dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021

Okdwitya Karina Sari - Sport
Rabu, 08 Des 2021 08:06 WIB
Jakarta -

Indonesia dipastikan tidak akan berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021. Kekhawatiran akan penyebaran varian baru virus corona menjadi alasannya.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 sedianya digelar pada 12-19 Desember mendatang di Huelva, Spanyol. Desas-desus tentang absennya Indonesia di turnamen itu sesungguhnya sudah mulai terdengar di media sosial sejak akhir pekan lalu.

[Gambas:Instagram]



Mengkutip akun Instagram resmi PBSI, keputusan itu dibuat oleh Ketum Agung Firman Sampurna usai mendapatkan masukan dari pengurus, pelatih, dan Kabid Binpres.

"Penyebaran virus Omicron yang cepat sehingga perubahan protokol kesehatan yang tidak menentu membuat kami memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky.

"Kami tidak mau mengambil resiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama. Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari Kejuaraan Dunia," lanjut dia.

Selain itu, juga ada imbauan dari pemerintah Republik Indonesia, untuk mengurangi kegiatan berpergian ke luar negeri di tengah pandemi yang belum kunjung berakhir. Apalagi di sejumlah negara Eropa saat ini juga terjadi lonjakan pesat kasus Covid-19.

Kejuaraan Dunia 2021 menandai turnamen bulutangkis pamungkas di tahun ini. Itu berarti setelah memutuskan mundur tim Indonesia akan langsung bersiap-siap untuk menghadapi turnamen di 2022.

Indonesia merupakan negara tersukses kedua dalam sepanjang sejarah Kejuaraan Dunia Bulutangkis dengan meraih total 23 medali. Pada edisi terakhir di 2019, Indonesia meraih satu medali emas yang disumbangkan oleh ganda putra senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

(rin/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT