PBSI Berencana Liburkan Pelatnas Mulai 18 Desember

Mercy Raya - Sport
Jumat, 10 Des 2021 17:36 WIB
Anthony Sinisuka Ginting
PBSI berencana meliburkan pemain pada 18 Desember 2021. (Foto: Humas PP PBSI)
Jakarta -

Usai memutuskan menarik diri dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021, para atlet melanjutkan latihan di Pelatnas PBSI. Mereka baru diberi libur pada 18 Desember mendatang.

Rencana itu disampaikan PBSI, melalui Kepala bidang Media dan Humas Broto Happy, seiring Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. "Rencana libur mulai 18 Desember hingga 27 atau 28 Desember mendatang," kata Broto kepada detikSport, Jumat (10/12/2021).

"Bagi pemain yang akan tampil ke turnamen awal tahun di India, diminta masuk setelah libur Natal," imbuhnya.

Menilik jadwal turnamen BWF, terdapat tiga turnamen yang akan digelar di negara pebulutangkis Pusarla V Sindhu. Antara lain India Open yang akan digelar 11-16 Januari, Syed Modi India International 18-23 Januari, dan Odisha Open 25-30 Januari.

Sementara itu, pelatih ganda putri Eng Hian, mengaku belum mengetahui rencana selanjutnya dari PBSI. Ia masih menunggu instruksi lanjutan menyusul timnya menarik diri dari kejuaraan bergengsi tersebut.

"Saya masih menunggu instruksi dari pengurus untuk program akhir tahun ini dan tahun depan," kata Eng Hian, saat dikonfirmasi terpisah.

Hal senada diutarakan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. Meskipun sudah mendengar soal rencana meliburkan pemain jelang Nataru, namun ia memilih menunggu keputusan resmi federasi.

"Kemarin sempat ada omongan diliburkan. Tapi belum ada keputusan tertulis seperti apa. Biasanya ada libur Natal dan Tahun Baru. Kebetulan saya merayakan Natal juga jadi kurang lebih maksimal seminggu, itu sebelum pandemi ya dan jadwal padat juga," kata Ginting.

"Cuma di luar itu tetap jaga kondisi, maintenance juga, supaya tak terlalu drop. Karena sebagai atlet satu dua hari tak latihan itu kondisinya dropnya jauh banget," ujarnya.

Meski begitu, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 belum memutuskan bakal liburan di Jakarta atau luar daerah karena terbentu dengan aturan PPKM.

"Belum tahu (ke mana) PPKM soalnya. Jadi belum tahu mau ke mana. Tapi refreshing dulu. Istilahnya lupakan badminton dulu lah karena tiga bulan kemarin full otaknya badminton saja. Jadi bagaimana caranya pas balik latihan di Cipayung lagi benar-benar fresh kangen badminton lagi agar motivasi dan semangatnya memacu lagi," Ginting menegaskan.



Simak Video "Anthony Ginting Gagal ke Final, Kalah dari Chen Long"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)