PB Djarum Tetap Kirim Atlet ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis karena...

Dian Utoro Aji - Sport
Senin, 13 Des 2021 13:59 WIB
Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin,
Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Kudus -

Dejan Ferdinansyah/Serena Kani menjadi satu-satunya atlet Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021. Mereka adalah perwakilan PB Djarum.

Seperti diberitakan sebelumnnya, PBSI memutuskan untuk tidak mengirimkan wakil ke kejuaraan dunia yang berlangsung di Huelva, Spanyol, pada 12-19 Desember ini. Keputusan itu disebut tidak lepas dari usaha menjaga keselamatan dan kesehatan para pemain di tengah merebaknya virus Omicron, varian COVID-19.

Namun, Indonesia tetap punya wakil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021. Ada Dejan Ferdinansyah/Serena Kani yang tampil di nomor ganda campuran. Mereka lolos kualifikasi karena beberapa atlet pelatnas Indonesia mundur.

"Akhir Oktober 2021 kita dikabari oleh PBSI bahwa PBSI mencoret dua orang sehingga (peringkat) di bawah kan naik. Termasuk itu Dejan/Serena," kata Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin, kepada wartawan di GOR PB Djarum Kudus, Senin (13/12/2021).

" Kita ditawari di-invite oleh BWF melalui PBSI mau ikut tidak. Saya tidak pikir panjang, ikut. Kalau ada kejuaraan dunia tidak setiap orang tidak bisa, harus ada aturan regulasinya. Setiap negara, Indonesia kali ini empat, negara tertentu jatahnya empat, ganda campuran," ungkap Yoppy.

Sehubungan dengan itu, ia pun membantah jika ada yang menganggap PB Djarum "nyelonong" mengikuti kejuaraan dunia bulutangkis 2021. Ia menegaskan, semua sudah sesuai aturan dan regulasi.

"Kita tiba-tiba nyelonong tidak ya. Jangan salah nangkap, nanti dikira kita tanda kutip kurang ajar, nggak kita sudah jauh-jauh hari. Pada saat PBSI, drawing sudah selesai, seminggu setelah kejuaraan di Bali selesai tidak pernah koordinasi, tidak pernah ngasih tahu," kata dia.

"Beliau (PBSI) umumkan mundur, dalam hal ini ada dua yang nonpelatnas yang ikut. Kita tetap terus maju, kita sudah bayar semuanya, kita sudah urusin semua. Tinggal berangkat saja. Karena selama ini tidak ada larangan dari PBSI," sambung dia.

Ia juga berharap Dejan/Serena akan bisa mengharumkan nama Indonesia dengan melaju jauh di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021. "Targetnya optimal, setiap pertandingan bisa menang. Melawan nanti siapapun masih bisa menang," tambah Yoppy.

Simak juga Video: Anthony Ginting Gagal ke Final, Kalah dari Chen Long

[Gambas:Video 20detik]



(krs/rin)