Unggulan Pertama dari China Langsung Tumbang di Kejuaraan Dunia

Mercy Raya - Sport
Rabu, 15 Des 2021 12:30 WIB
CHOFU, JAPAN - JULY 30: Zheng Si Wei and Huang Ya Qiong(right) of Team China react as they compete against Wang Yi Lyu and Huang Dong Ping of Team China during the Mix Doubles Gold Medal match on day seven of the Tokyo 2020 Olympic Games at Musashino Forest Sport Plaza on July 30, 2021 in Chofu, Tokyo, Japan. (Photo by Lintao Zhang/Getty Images)
Zheng Siwei/Huang Yaqiong (Getty Images/Lintao Zhang)
Jakarta -

Unggulan pertama Zheng Siwei/Huang Yaqiong secara mengejutkan langsung angkat koper di babak awal Kejuaraan Dunia 2021. Padahal sebelumnya mereka absen 7 turnamen.

Ganda campuran asal China itu takluk dari wakil Hong Kong Tak Ching/Ng Wing Yung usai bermain tiga gim di babak kedua Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 yang dimulai sejak 12 sampai 19 Desember mendatang di Huelva, Spanyol. Mereka menyerah dengan skor 21-16, 13-21, 17-21.

Kekalahan ini cukup telak mengingat pasangan juara dunia dua kali itu memainkan pertandingan pertama mereka sejak kalah di final Olimpiade Tokyo 2020 pada awal Agustus lalu.

Siwei/Yaqiong tercatat absen di tujuh turnamen baik itu kejuaraan beregu maupun perorangan. Antara lain Piala Sudirman, Denmark Open, French Open, German Open, Indonesia Masters, Indonesia Open, dan BWF World Tour Finals.

Merespons kekalahan itu, Zheng Siwei mengaku tidak bermain baik di laga perdana mereka, setelah sebelumnya di babak pertama mereka mendapat bye. "Saya pikir kami bermain cukup buruk. Kami tidak sesabar mereka, dan mereka lebih stabil dari kami, dan lebih lancar," kata Zheng Siwei dalam laman BWF.

"Kami mencoba poin demi poin tetapi pada akhirnya kami tidak bisa mengejar. Kami akan menganalisis di mana kesalahan kami," imbuhnya.

Sementara itu, Ng Wing Yung gembira dapat mengalahkan unggulan pertama di kejuaraan bergengsi yang digelar setiap tahun ini. Hal itu mereka perlihatkan saat pengembalian bola Zheng Siwei menyangkut di net setelah reli panjang. Satu poin terakhir itu pula yang menjadi penentu kemenangan wakil Hong Kong tersebut.

"Kami merasa sangat senang dan bersemangat," kata Ng Wing Yung.

"Mereka nomor 1 jadi ini kemenangan besar bagi kami. Kami mencoba untuk mempertahankan serangan. Pesawat ulang-alik bermain agak lambat, jadi kami bisa bertahan dengan cukup baik," ujar pebulutangkis ranking 28 dunia ini.

Lihat juga Video: Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis Gegara Omicron

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)