Tatap India Open 2022, Mohammad Ahsan Sempat Cemas Omicron

Mercy Raya - Sport
Selasa, 04 Jan 2022 15:30 WIB
Mohammad Ahsan
Tatap India Open 2022, Mohammad Ahsan Sempat Cemas Virus Omicron (Foto: Instagram @king.chayra)
Jakarta -

Turnamen India Open digelar di tengah menyebarnya virus Omicron di dunia. Kondisi tersebut turut disadari Mohammad Ahsan yang akan jadi salah satu wakil yang tampil di ajang tersebut.

Ahsan bersama Hendra Setiawan memutuskan tetap main di India Open yang dihelat di New Delhi, 11 sampai 16 Januari ini. Keputusan itu mereka ambil meskipun PBSI menarik mundur para atlet pelatnasnya.

Memang, alasan PBSI bukan lagi karena virus Omicron yang meningkat seperti saat menarik diri di perhelatan Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada Desember 2021. Induk organisasi bulutangkis nasional itu mempertimbangkan performa pemain yang diprediksi tak akan maksimal. Sebab, atlet baru saja rehat dari rentetan turnamen sejak September hingga awal Desember 2021.

Namun, Hendra/Ahsan memutuskan untuk tetap jalan. Selain persiapan yang sudah berjalan hingga jelang keberangkatan Kamis (6/1), terkhusus Ahsan mendapat dukungan penuh dari keluarga.

"Pasti ada lah (kekhawatiran virus Omicron), enggak mungkin enggak ada. Ya, memang sudah niat mau berangkat jadi kami prepare seperti jaga kesehatan dan protokol-protokol yang akan dijaga banget," kata Ahsan kepada detikSport, Selasa (4/1/2021).

Sehubungan itu, ia juga telah berupaya untuk memastikan situasi protokol kesehatan serta karantina di negeri pebulutangkis Satwiksairaj Rankireddy dkk ini.

"Belum tahu (sistem yang diterapkan) tapi katanya masuk India tidak ada karantina. Tapi kami memang harus masuk tanggal 7 Januari dan mainnya 11 Januari," Ahsan mengungkapkan.

"Kalau hotel dari panitia semua tapi sistemnya kami kurang tahu bubble atau tidak. Cuma setahu saya masuk India tak pakai karantina. Cerita teman-teman yang di India juga mereka pulang langsung saja, enggak ada karantina," imbuhnya.

Keyakinan Ahsan kian bertambah lantaran istri dan ketiga anaknya mendukung penuh keputusannya tampil di India Open.

"Iya mungkin sudah pekerjaannya begini. Istri juga bilang, usia kita mau sampai kapan juga sih. Dijalani saja. Yang penting semua sehat dan lancar-lancar," sebutnya.

India sendiri menyajikan tiga turnamen di sepanjang Januari 2022. Setelah India Open, turnamen Syed Modi India International dihelat 18-23 Januari, dan Odisha Open 25-30 Januari.

"Kami ikut India Open saja. Setelah itu, rencananya All England, tur Eropa," kata Ahsan.

Lihat juga Video: Ahsan/Hendra Mulus ke Babak Kedua Indonesia Masters 2021

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)