Seleknas PBSI 2022: Hendry Leander Kerja Keras di Laga Perdana

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 11 Jan 2022 01:36 WIB
Seleknas PBSI 2022 sudah resmi dibuka. Tunggal putra Hendry Leander asal Jawa Tengah dipaksa bekerja keras di hari pertama.
Hendry Leander bekerja keras di Seleknas PBSI 2022 (dok.PBSI)
Jakarta -

Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI 2022 resmi dibuka. Tunggal putra Hendry Leander asal Jawa Tengah harus bekerja keras untuk menang di hari pertama.

Usai dibuka Wakil Ketua Umum II PP PBSI, Eduart Wolok, Senin (10/01) pagi WIB di Pelatnas PBSI, Cipayung, Seleknas PBSI 2022 resmi bergulir.

Menggunakan delapan lapangan, seleknas digelar selama enam hari hingga 15 Januari. Ada dua kategori dipertandingkan, yaitu Taruna (untuk atlet kelahiran tahun 2004 dan seterusnya) dan Dewasa (untuk atlet kelahiran tahun 2002 dan 2003).

Seleknas diikuti 397 pemain yang datang dari 27 provinsi. Di babak awal mereka akan bertanding secara round robin.

Laga seru langsung terjadi di grup K sektor tunggal taruna putra, saat Hendry Leander (Jawa Tengah) dipaksa bekerja keras oleh wakil Sulawesi Tenggara, Ihqwal Rezky Ramadhan. Leander yang menempati unggulan ke-14 menang susah payah 30-29 dan 21-18. Lambatnya adaptasi lapangan membuat Leander sempat kesulitan di gim pertama.

"Saya kesulitan beradaptasi dengan lapangan di gim pertama. Dari kondisi angin dan lampu juga agak silau. Selain itu, feeling saya juga belum dapat banget," ujar Leander usai pertandingan.

"Di gim kedua, saya menang angin jadi lebih enak menyerangnya. Di sisi lain, lawan juga bermain bagus. Dia defensenya menyulitkan. Kunci kemenangan saya hari ini adalah bermain lebih sabar dan tidak banyak mati sendiri," lanjut atlet kelahiran 27 Agustus 2006 itu.

Setelah ini, Leander langsung bersiap menghadapi laga kedua melawan Muhammad Rizky Akbar (Jawa Timur). Dia bertekad untuk tampil lebih baik sekaligus memperbaiki adaptasi dengan lapangan dan bola.

Sementara itu, Ihqwal mengaku sangat puas dengan penampilannya pada laga tadi meski hasil tidak berpihak kepadanya. Iqhwal pun senang bisa menjajal lapangan di Pelatnas Cipayung dan bakal membidik kemenangan di laga pamungkas.

"Alhamdulillah hari ini saya bisa main bagus dan saya puas dengan penampilan tadi. Saya juga sudah mengeluarkan semua yang terbaik," tutur Ihqwal.

"Memang sayang tadi di gim pertama saya tidak bisa menyelesaikan laga. Saya hilang fokus dan terlalu terburu-buru," sambungnya.

"Saya sampai di Jakarta tadi malam jam 11, senang sekali bisa ikut serta di Seleknas ini. Apalagi mainnya di pelatnas. Insya Allah di laga terakhir saya bisa memberikan penampilan terbaik lagi. Mudah-mudahan bisa meraih kemenangan," tutupnya

(mrp/yna)