Besok, NPC Indonesia-Kemenpora Bahas Anggaran ASEAN Para Games

Mercy Raya - Sport
Rabu, 26 Jan 2022 18:05 WIB
Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun
NPC Indonesia, Senny Marbun, akan betemu Kemenpora membahas ASEAN Para Games. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikSport)
Jakarta -

NPC Indonesia bakal menyambangi Kemenpora pada Kamis (27/1/2022). Pertemuan guna membahas anggaran ASEAN Para Games.

Pertemuan itu juga merupakan lanjutan persiapan NPC Indonesia setelah menunjuk Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) 2022, Selasa (25/1/2022).

"Besok saya rapat langsung dengan Kemenpora untuk identifikasi kebutuhan anggaran totalnya berapa. Hal ini dilakukan agar Kemenpora bisa mengamankan anggarannya ke Kemenkeu dan Bapennas," kata Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto, kepada detikSport, Rabu (26/1/2022).

"Selain itu, kami juga akan membentuk panitia secara keseluruhan. Kemarin kan baru menunjuk Ketua Panitianya saja. Jadi pertemuan besok juga untuk memfinalisasi semua panitia organisasinya," ujarnya.

"Jika sudah terbentuk, sebut Rima, NPC Indonesia melalui ketuanya Senny Marbun segera memberikan rekomendasi kepada LOC (Local Organizing Committee) dan ASEAN Para Sport Federation (APSF) untuk perkembangan penyelenggaraannya."

Kendati akan membahas anggaran penyelenggaraan ASEAN Para Games, Rima mengatakan, belum mengetahui jumlah yang akan diusulkan.

"NPC itu hanya bisa menghitung berdasarkan pertandingan, sedangkan Kemenpora berdasarkan event Asian Para Games pada 2018. Mereka juga punya pertimbangan untuk anggaran keamanan, kesehatan, SDM, dan sebagainya. Nanti kami gabungkan semua besok di Kemenpora," dia menjelaskan.

"Begitu pula untuk kepanitiaan. Tapi yang pasti Ketua INASPOC sudah tidak bisa diganti. Sebab, Mas Gibran sebelum kami minta, kami lebih dulu konsultasi dengan Pak Menteri pada Sabtu kemarin dan sudah disetujui Kemenpora. Harusnya tak ada pergantian karena Menpora dan Ketua NPC sudah setuju," imbuhnya.

Menyoal cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan, Rima menegaskan bahwa 13 cabang olahraga masih dalam batas usulan. Sementara keputusannya masih harus dirapatkan di Board of Governors (BoG) ASEAN Para Sport Federation (APSF) pada 17 Februari mendatang.

Solo seperti diketahui telah ditetapkan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 menggantikan Vietnam. Keputusan itu tertuang dalam surat keputusan yang dikeluarkan oleh ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada tanggal 14 Januari 2022. Namun, APSF masih menunggu surat Indonesia bebas sanksi doping dari WADA hingga tanggal 15 Februari 2022.

(mcy/cas)