Australian Open 2022: Ashleigh Barty Juara!

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Sabtu, 29 Jan 2022 17:59 WIB
MELBOURNE, AUSTRALIA - JANUARY 29: Ashleigh Barty of Australia poses with the Daphne Akhurst Memorial Cup after winning her Women’s Singles Final match against Danielle Collins of United States during day 13 of the 2022 Australian Open at Melbourne Park on January 29, 2022 in Melbourne, Australia. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Ashleigh Barty juara Australian Open 2022. (Foto: Getty Images/Clive Brunskill)
Jakarta -

Ashleigh Barty tampil gemilang untuk menjuarai Australian Open 2022. Ia bangkit dari ketertinggalan di set kedua untuk menang 2-0 atas Danielle Collins.

Final tunggal putri Australian Open 2022 berlangsung di Rod Laver Arena, Sabtu (29/1/2022) sore WIB. Barty memulai dengan baik, di mana pukulan-pukulan ace-nya membuat Collins dalam tekanan.

Dalam kedudukan 3-2, Barty berhasil melakukan break berkat double fault dari Collins. Itu menjadi momentum buat petenis tuan rumah tersebut membuka selisih jadi 5-2.

Collins sempat merebut gim kedelapan dan menahan Barty di skor 3-5, tapi Barty tak goyah. Unggulan pertama itu memenangkan set 6-3.

Pertarungan dramatis terjadi di set kedua, ketika Collins memulai dengan menggila. Petenis Amerika Serikat mencatatkan dua break untuk memimpin 5-1 di enam gim pertama.

Namun Barty tak melepaskan permainan begitu saja. Tepat setelah break Collins di gim keenam, Barty membalasnya dengan break juga yang menghentikan momentum sang lawan.

Barty merebut empat gim berturut-turut, termasuk mencatatkan satu break lainnya, untuk menyamakan poin jadi 5-5. Dalam posisi itu, Collins mampu mempertahankan gim servisnya untuk kembali memimpin 6-5.

Di fase krusial itu, Barty yang membuka gim ke-12 dengan pukulan ace lantas merebut set dan menyamakan skor lagi 6-6. Kedua pemain memasuki tie-breaker, di mana Barty mencatatkan tiga pukulan winner sementara Collins penuh unforced error.

Barty pun memastikan diri juara dengan kemenangan 6-3 dan 7-6. Ia akhirnya memenangi Australian Open untuk pertama kali, sekaligus jadi titel Grand Slam ketiganya, setelah lebih dulu menjuarai French Open dan Wimbledon.

"Terima kasih banyak semuanya, saya harus mengucapkan selamat ke Danielle, ini sudah jadi dua pekan yang menakjubkan buat kamu. Saya tahu kamu akan bertarung untuk lebih banyak titel seperti ini ke depannya," ungkap Barty dikutip BBC.

"Sebagai orang Australia, hal terpenting dari ini adalah bisa membaginya dengan kalian, dan kalian sudah sangat luar biasa. Kerumunan suporter ini adalah salah satu yang paling menyenangkan yang pernah saya lihat, kalian menenangkan saya dan memaksa saya untuk mengeluarkan permainan tenis terbaik saya!"

"Melawan seorang juara seperti Danielle, saya harus mengeluarkan itu hari ini. Ini adalah mimpi yang jadi nyata buat saya dan saya sangat bangga sebagai orang Australia, jadi terima kasih banyak semuanya. Kami akan bertemu kalian di lain kesempatan!" pungkasnya.



Simak Video "Skenario Man City atau Liverpool Juara Liga Inggris, Jika..."
[Gambas:Video 20detik]
(raw/aff)