ADVERTISEMENT

Nadal Juara Australian Open 2022, Ukir Sejarah dengan 21 Titel Grand Slam

Okdwitya Karina Sari - Sport
Senin, 31 Jan 2022 05:05 WIB
MELBOURNE, AUSTRALIA - JANUARY 30: Rafael Nadal of Spain holds the Norman Brookes Challenge Cup as he celebrates victory in his Men’s Singles Final match against Daniil Medvedev of Russia during day 14 of the 2022 Australian Open at Melbourne Park on January 30, 2022 in Melbourne, Australia. (Photo by Daniel Pockett/Getty Images)
Rafael Nadal meraih titel Gran Slam ke-21, yang terbanyak di antara petenis putra mana pun di era Terbuka. (Foto: Getty Images/Daniel Pockett)
Melbourne -

Rafael Nadal merebut gelar juara Australian Open 2022 untuk menambah koleksi gelar Grand Slam-nya menjadi 21. Nadal mengukir sejarah dengan keberhasilan itu.

Trofi juara Australian Open 2022 direngkuh petenis Spanyol itu setelah mengalahkan unggulan kedua Daniil Medvedev di laga final pada Minggu (30/1/2022). Bertanding di Rod Laver Arena, Nadal yang diunggulkan di tempat keenam comeback dari tertinggal dua set sebelum menang 2-6, 6-7 (5), 6-4, 6-4, 7-5.

Sukses ini menandai trofi Australian Open kedua dalam karier Nadal yang dicapai dalam enam final. Sebelumnya, Nadal memenangi gelar pertamanya di Melbourne Park pada 2009 alias 13 tahun yang lalu.

Sebuah rekor pun diukir petenis kidal berusia 35 tahun itu. Rafael Nadal berarti sudah memenangi 21 titel Grand Slam, jumlah terbanyak di antara petenis putra mana pun di era Terbuka sekaligus mengungguli Roger Federer dan Novak Djokovic, yang sama-sama mengumpulkan 20 titel Grand Slam.

"Aku tahu ini adalah sebuah momen yang berat, Daniil. Kamu adalah seorang juara menakjubkan. Aku sudah pernah berada di posisi ini beberapa kali mencoba merebut trofinya," kata Nadal memuji perlawanan Medvedev dalam pidatonya di atas lapangan.

"Sejauh ini merupakan salah satu malam paling emosional di dalam karierku, dan bisa berbagi lapangan denganmu merupakan sebuah kehormatan. Bagiku ini menakjubkan. Satu setengah bulan yang lalu aku bahkan tidak tahu apakah aku bisa kembali dan sekarang aku kembali di sini dengan memegang trofi ini."

Keberhasilan Nadal menjadi petenis putra pertama dengan 21 gelar Grand Slam mendapatkan ucapan selamat dari dua rivalnya: Federer dan Djokovic.

"Pertandingan yang gila," tulis Federer di Instagram. "Kepada teman sekaligus rival beratku Rafael Nadal, ucapan selamat dengan sepenuh hati karena menjadi pemain pertama yang memenangi 21 titel Grand Slam di nomor tunggal. Menakjubkan."

"Beberapa bulan yang lalu kita sempat bercanda tentang kita yang memakai kruk. Menakjubkan. Jangan pernah meremahkan seorang juara yang hebat, etos kerjamu yang luar biasa, dedikasi, dan semangat bertarungmu adalah inspirasi bagiku, dan banyak orang lainnya di seluruh dunia."

"Aku bangga berbagi era ini denganmu dan merasa terhormat karena ikut mendorongmu untuk mencapai yang lebih seperti yang juga kamu lakukan kepadaku selama 18 tahun. Aku yakin kamu memiliki pencapaian yang lebih di masa depan, tapi sekarang nikmatilah kesuksesan ini."

Novak Djokovic terpaksa melewatkan Australian Open 2022 karena saga visa yang dibatalkan. Meski demikian, Djokovic turut menyelamati Nadal dan Medvedev.

"Selamat kepada Rafael Nadal atas 21 gelar di Grand Slam. Pencapaian yang menakjubkan. Selalu impresif dengan semangat bertarung yang menang di lain waktu. Selamat. Medvedev sudah memberikan segalanya dan bermain dengan gairah dan determinasi, yang sesuai dengan ekspektasi," cuit petenis nomor satu dunia itu.

Simak juga 'Deal-deal Panas di Transfer Musim Dingin 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(rin/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT