Rangking Dunia Putri KW Melesat Usai BAC 2022

Mercy Raya - Sport
Rabu, 04 Mei 2022 15:35 WIB
Putri Kusuma Wardani
Putri Kusuma Wardani tembus rangking 50 besar dunia BWF. (Foto: dok. PBSI)
Jakarta -

BWF merilis ranking pebulutangkis dunia usai Badminton Asia Championship 2022. Sejumlah atlet muda Indonesia mengalami kenaikan, termasuk Putri Kusuma Wardani.

Menukil ranking BWF per tanggal 3 Mei 2022, beberapa pemain Indonesia mengalami sejumlah perubahan pos setelah tampil di Badminton Asia Championship yang selesai akhir pekan kemarin.

Perubahan paling kentara dialami tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani. Ia naik 11 tingkat dan berada di peringkat 50 dunia dengan perolehan 34.333 poin.

Senior Putri KW, Gregoria Mariska Tunjung, berada di urutan ke-30. Dia turun satu tingkat setelah langsung terhenti di babak 32 besar Badminton Asia Championship tahun ini.

Posisi pertama tunggal putri dunia diisi pebulutangkis Jepang, Akane Yamaguchi, usai menjadi runner up BAC 2022. Dia menggeser tahta Tai Tzu Ying yang pada pekan-pekan sebelum mendominasi papan ranking dunia. Tai Tzu Ying kini di peringkat kedua dengan perolehan 108800 poin.

Dari sektor tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil memperbaiki rankingnya. Dia naik 8 tingkat ke posisi 44 dunia setelah keluar sebagai semifinalis.

Sedangkan bagi tiga tunggal putra lainnya, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito tak mengalami perubahan pada rankingnya, meskipun di BAC, khususnya Jonatan meraih hasil terbaik sebagai runner up.

Anthony di peringkat kelima, Jonatan di urutan ke-8, dan Shesar masih di peringkat 24 dunia.

Hal serupa juga dialami pada ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Kendati tak tampil di kejuaraan bulutangkis level tertinggi di Asia, tapi Minions, julukan Kevin/Marcus, tetap merajai ranking BWF.

Disusul peringkat kedua Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di peringkat kedelapan.

Tapi khusus Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan naik lima peringkat ke urutan 17 dari pekan sebelumnya berada di urutan ke-22.

Pahlawan Indonesia memastikan urutan itu setelah menjuarai BAC 2022, sekaligus melewati ranking rekannya, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, yang merupakan juara All England 2022. Fikri/Bagas turun satu peringkat dan kini berada di urutan ke-21.

Pada nomor ganda putri, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto naik dua tingkat dan kini berada di peringkat 26, serta memperoleh 48218 poin.

Kenaikan juga dialami ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari yang naik posisi ke urutan 19 dunia.

Sementara Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti tetap bertengger di ranking kelima dunia, sekalipun pasangan yang sudah tak berada di Pelatnas PBSI ini berhasil keluar sebagai semifinalis.



Simak Video "Ogah Cuma Jadi Pajangan, Taufik Hidayat Mundur dari PBSI"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/bay)