Thomas Cup 2022: Liukan India ke Final Perdana dan Jadi Juara

Tim detikcom - Sport
Minggu, 15 Mei 2022 20:28 WIB
Tim Thomas India melakukan selebrasi usai menang melawan Tim Thomas Indonesia pada babak final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022). Tim Thomas India menang atas Indonesia dengan skor akhir 3-0 dan berhak menjadi juara pertama Piala Thomas 2022. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Tim India merayakan gelar juara thomas cup 2022. Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta -

India menorehkan sejarah dengan menjuarai Thomas Cup 2022. Simak perjalanan India menuju takhta juara untuk pertama kalinya.

Di Thomas Cup 2022, yang digelar di Bangkok, Thailand, India menempati Grup D bersama dengan Taiwan, Jerman, dan Kanada.

Lakshya Sen cs mengawali kiprahnya di Thomas Cup 222 dengan kemenangan telak 5-0 atas Jerman di pertandingan pertamanya. Kanada yang dihadapi di laga kedua pun kembali digasak India dengan sapu bersih kemenangan.

Barulah di pertandingan ketiga fase grup India harus tertunduk. Kekalahan 2-3 dialami ketika berhadapan dengan Taiwan. Hasil itu menentukan posisi juara grup; Taiwan lolos sebagai juara grup, India runner-up.

Hasil pengundian babak perempatfinal Thomas Cup 2022 kemudian menghadapkan India dengan Malaysia, negara yang pernah 5 kali juara Piala Thomas dan 9 kali jadi runner-up.

India melewati Malaysia lewat duel sengit lima partai, dengan kemenangan 3-2. Tiket semifinal pun dalam genggaman.

Di babak empat besar, lawan yang sama tangguhnya kembali harus dihadapi. Ada Denmark, salah satu kekuatan bulutangkis dunia yang juga juara Thomas Cup 2016.

Seperti halnya ketika melawan Malaysia, India harus melewati duel lima partai lawan Denmark. Seperti ketika melawan Malaysia pula, India keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.

Majulah India ke final Thomas Cup 2022. Final pertamanya di ajang tersebut. Yang menjadi lawan adalah Indonesia, sang juara bertahan yang juga peraih gelar terbanyak dalam sejarah Piala Thomas.

Laju India di Thomas Cup 2022 sudah membuat tim Negeri Gangga itu mendapat predikat kuda hitam turnamen. Dan di partai final, liukan sang Kuda Hitam sanggup menumbangkan Indonesia. India menang telak 3-0 untuk jadi juara Thomas Cup 2022.

Thomas Cup 2022Fase gugur Thomas Cup 2022. Foto: via BracketHQ
(krs/cas)