Para Pebulutangkis Muda RI Rebut 9 Gelar di Tur Eropa

Mercy Raya - Sport
Senin, 23 Mei 2022 13:30 WIB
PB Djarum
Pebulutangkis muda Indonesia binaan PB Djarum berprestasi di Eropa. (Foto: dok.PB Djarum)
Jakarta -

Sejumlah pebulutangkis muda Indonesia berprestasi tiga turnamen bergengsi di Eropa. Atlet binaan PB Djarum itu merebut 9 gelar juara.

Para atlet belia yang diterjunkan oleh PB Djarum ini bertanding di tiga turnamen Eropa yakni Stockholm Junior International Series 2022, kejuaraan level dewasa Luxembourg Open International Series 2022, dan 3 Borders International U19 2022 di Saint Louis, Prancis. Tak kurang, sebanyak 11 atlet U-19 dikirim guna menambah jam terbang dan mencicipi persaingan level dunia.

Hasilnya, di Stockholm Junior International Series 2022, tiga gelar juara di sektor ganda yakni ganda putra, ganda putri dan ganda campuran sukses diraih. Sementara itu, sektor tunggal putri juga berhasil menjawab tantangan dan mempersembahkan gelar juara kala berlaga di Luxembourg Open International Series 2022 yang merupakan turnamen level dewasa.

Prestasi gemilang lainnya dicatatkan atlet muda PB Djarum dengan memboyong seluruh gelar juara di turnamen pamungkas 3 Borders International U19 2022. Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, menyebut kemenangan para atlet mudanya di tiga turnamen Eropa jadi bukti bahwa prestasi olahraga Indonesia semakin meningkat.

"Kami juga menyadari, lewat olahraga berbagai elemen bangsa dapat bersatu. Untuk itu, kemenangan ini diharapkan bisa menjadi kado untuk mempererat persatuan di Tanah air," kata Yoppy dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/5/2022).

PB Djarum merupakan klub yang rutin mengirim atletnya ke turnamen-turnamen internasional. Tujuannya, selain menambah jam terbang, juga memperkuat mental dan kemampuan atletnya saat menghadapi lawan sebelum naik ke fase senior.

"Jadi mereka memiliki mentalitas juara yang kuat, semangat pantang menyerah, dan memastikan tidak memiliki jiwa inferior ketika berhadapan dengan lawan berpostur besar. Dengan begitu, kita memiliki atlet tangguh yang siap bela nama Indonesia di level lebih tinggi," ujarnya.

Salah satu atlet muda PB Djarum yang berkilau dalam rangkaian turnamen ini ialah Chiara Marvella Handoyo. Dara kelahiran Klaten, Jawa Tengah itu mempersembahkan gelar Juara Tunggal Putri di Luxembourg Open International Series 2022 usai mengalahkan rekan setimnya melalui all indonesia final, Aura Ihza Aulia lewat straight game 21-9 dan 21-9.

Dominasi Chiara atas Aura juga terlihat kala ia kembali menjadi juara setelah memenangi duel dengan Aura di 3 Borders International U19 2022 dengan skor 21-7, 21-8. Bagi Chiara, kemenangan ini menjadi hadiah spesial karena ini adalah titel juara pertamanya di level internasional. "Sangat senang karena ini juara internasional perdana saya, sekaligus pembuktian diri atas berbagai proses yang telah saya jalani," tutur Chiara.

Chiara menambahkan dari tiga turnamen yang diikutinya, ia banyak memetik pelajaran, terutama ketatnya persaingan bulutangkis internasional. "Ke depan saya harus meningkatkan kemampuan agar bisa terus jadi juara," ujarnya.

Berikut daftar gelar juara yang sukses diraih atlet muda PB Djarum:

Stockholm Junior 2022

Patra Harapan Rindorindo/Titis Maulida - Juara Ganda Campuran
Jessica Maya/Puspa Rosalia - Juara Ganda Putri
M. Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo - Juara Ganda Putra

Luxembourg Open 2022

Chiara M. Handoyo - Juara Tunggal Putri

3 Borders International U19 2022

Jason Christ Alexander - Juara Tunggal Putra
Chiara M. Handoyo - Juara Tunggal Putri
M. Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo - Juara Ganda Putra
Puspa R. Damayanti/Jessica Maya - Juara Ganda Putri
Marwan Faza/Jessica Maya - Juara Ganda Campuran

(mcy/cas)