Zhao Yunlei Juga Masuk Jajaran Hall of Fames BWF 2022

Mercy Raya - Sport
Selasa, 21 Jun 2022 12:15 WIB
Zhang Nan/Zhao Yunlei di Indonesia Open 2016
Zhao Yunlei masuk daftar Hall of Fames BWF 2022. ( Foto: Dokumentasi PP PBSI)
Jakarta -

Setelah Liliyana Natsir, legenda bulutangkis dari China Zhao Yunlei juga masuk dalam jajaran Hall of Fame BWF 2022. Ia salah satu pemain yang serba bisa.

Zhao Yunlei tercatat sebagai pemain yang sukses di dua sektor. Selain ganda campuran, legenda hidup berusia 36 tahun ini juga tercatat berhasil di sektor ganda putri.

Ia juga tampak menikmati peran gandanya tersebut. Terbukti Yunlei berhasil meraih sejumlah gelar dalam dua event berskala dunia. Dia tercatat sebagai pemain pertama dan satu-satunya pebulutangkis yang meraih medali emas di dua sektor secara bersamaan.

Zhao Yunlei menjadi juara ganda campuran bersama Zhang Nan di Olimpiade London 2012. Kemudian juara di sektor ganda putri bersama Tian Qing pada multiajang olahraga yang sama.

Tak hanya itu, ia tercatat sebagai satu-satunya pemain yang meraih gelar ganda dalam dua Kejuaraan Dunia berturut-turut.

Yunlei mengantongi gelar juara dunia ganda campuran pada 2011 London, kemudian pada 2014 di Conpehagen dia kembali menyegel dua gelar sekaligus di sektor ganda putri dan ganda campuran.

Bahkan pada tahun berikutnya, dia kembali menorehkan catatan emas yang sama di Jakarta pada 2015 silam. Lagi-lagi di dua sektor andalannya.

Presiden BWF Poul-Erik Hoyer memuji masuknya Zhao ke dalam Hall of Fame BWF. "Menjadi BWF Hall of Fame adalah penghargaan tertinggi dalam bulutangkis," kata Hoyer dalam laman resmi BWF.

"Hall of Fame mengakui pemain yang terbaik dari yang terbaik, dan Zhao Yunlei sangat layak mendapat tempat dalam daftar elit ini."

"Memenangkan emas Olimpiade atau Kejuaraan Dunia adalah impian bagi sebagian besar atlet. Bahwa Zhao Yunlei mencapai dua gelar di Olimpiade dan dua Kejuaraan Dunia adalah pencapaian yang luar biasa," Hoyer menjelaskan.

Sebelumnya, legenda bulutangkis Indonesia Liliyana Natsir juga memperoleh penghargaan yang sama atas prestasinya pada dua pasangan berbeda.

Penghargaan kepada Liliyana sudah diberikan pada 18 Juni lalu di Istora Gelora Bung Karno (GBK). Sedangkan seremoni pemberian apresiasi Zhao Yunlei akan dilaksanakan pada 24 Juni mendatang.



Simak Video "Kevin/Marcus Kalah, Netizen: Comeback Stronger"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)