ADVERTISEMENT

Sudah Berapa Lama Sih, Kevin/Marcus di Peringkat Satu Dunia?

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 25 Jun 2022 18:50 WIB
Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) dan Marcus Fernaldi Gideon berusaha mengembalikan kok kearah ganda Jerman Mark Lamfuss dan Marvin Emil Seidel saat pertandingan babak pertama Daihatsu Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (23/1/2019). Marcus/Kevin melaju ke babak selanjutnya setelah menang dengan skor 21-14, 19-21 dan 21-15. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama.
Sudah Berapa Lama Sih, Kevin/Marcus di Peringkat Satu Dunia? (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dalam sepanjang tahun ini belum sekalipun menjuarai turnamen bulutangkis super series. Tapi mereka, masih ada di peringkat satu dunia!

Hasil terbaik mereka menjadi semifinalis untuk All England dan Indonesia Masters 2022. Sedangkan di Indonesia Open mereka tersingkir di babak 16 besar.

Dibandingkan tahun sebelumnya, kiprah Minions lebih baik. Setidaknya mereka berhasil lima kali menembus final dan dua di antara menjadi juara di Hylo Open dan Indonesia Open 2021.

Meski perjalanan mereka tak semulus tahun-tahun sebelumnya, dan imbas kondisi Marcus yang belum 100 persen pulih pascaoperasi pergelangan kakinya, tak memengaruhi posisi Kevin/Marcus di peringkat dunia. Mereka masih menjadi ganda putra nomor satu dunia bahkan hingga kini!

Posisi itu pun sekaligus mengokohkan Kevin/Marcus sebagai ganda putra terbaik sampai saat ini. Lantas sudah berapa lama sebenarnya anak didik Herry Iman Pierngadi ini bertengger di posisi puncak? Berikut ulasannya menukil data BWF.

Kevin/Marcus debut di turnamen internasional pada 2016 silam. Saat itu, peringkat mereka masih di ranking 182 dunia.

Gelar pertama mereka di Malaysia Masters 2016. Mereka menjadi juara dengan mengalahkan pasangan Malasyia Kien Keat Koo/Tan Boon Heong di final 18-21, 21-13, 21-18. Keduanya juga menjadi juara lagi di India Open, Australia Open, Indonesia Masters, dan China Open.

Sebab, torehan manis tersebut, ranking Kevin/Marcus perlahan naik. Mereka masuk top 100 dunia. Bahkan pada Desember 2016, Kevin/Marcus sudah bisa menembus 16 dunia.

Kiprah Kevin/Marcus kian menjadi-jadi setelah tampil konsisten pada tahun berikutnya. Mereka menjadi juara untuk kali pertama di turnamen All England super 1000. Kemudian juara lagi di India Open.

Rentetan prestasi itu pun lantas membuat posisi mereka naik drastis. Kevin/Marcus untuk kali pertama menduduki peringkat pertama pada 16 Maret 2017.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi juara Malaysia Open 2017 usai menmgalahkan pemain China Fu Haifeng/Zhang Siwei, pada final di Stadion Perpaduan, Minggu (9/4/2017), dengan skor 21-14, 14-21, 21-12.Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi juara Malaysia Open 2017 (dok. Humas PBSI)

Sempat turun satu peringkat pada awal bulan berikutnya, tapi kemudian mereka menduduki posisi puncak pada dua pekan berikutnya.

Pada Juni 2017, Kevin/Marcus sempat mengalami penurunan dengan menempati peringkat ketiga, tapi kemudian mereka memperbaikinya pada dua bulan berikutnya. Hasil mereka kalah di babak 32 besar Indonesia Open dan quarterfinal di Kejuaraan Dunia, boleh jadi dampak mereka tersingkir di babak pertama.

Tapi mereka cepat memperbaikinya. Hasil juara di Japan Open, Denmark Open, China Open, Hong Kong Open, dan Dubai World Superseries Final 2017, membawa mereka ke posisi puncak.

Tepat 27 September 2017, Kevin/Marcus kembali bertengger di peringkat pertama bahkan sampai Juni 2022, belum sekalipun mereka tersingkir dari posisi puncak. Dengan demikian, Kevin/Marcus terus mendominasi peta kekuatan ganda putra selama kurang lebih 4 tahun lebih tiga bulan.

Bahkan mereka tercatat sebagai ganda putra terbaik yang menempati peringkat pertama dalam 202 minggu berturut-turut alias sekitar empat tahun. Sejak 16 Maret 2017 hingga 21 Juni 2022!

Kevin/Marcus sendiri sedianya dijadwalkan bertanding di tiga turnamen bulutangkis mendatang, Malaysia Open (28 Juni -3 Juli), Malaysia Masters (5-10 Juli), dan Singapore Open (12 -19 Juli).

Namun, pasangan itu memutuskan menarik diri dari tiga turnamen tersebut karena performa Marcus yang belum pulih dari cedera dan belum bisa tampil optimal seperti diharapkan.

Kendati tak tampil di tiga turnamen tersebut, Minions masih terbilang aman di posisi pertama. Poin Kevin/Marcus saat ini 111827, sementara ganda Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi 104350 poin.

Sedangkan di peringkat ketiga ada Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang kini poinnya 104195, menyusul ganda Taiwan Lee Yang/Wang Chi Lin dengan 101668 poin.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT