ADVERTISEMENT

Siapa Tunggal Putri Indonesia dengan Posisi Tertinggi Kini?

Mercy Raya - Sport
Kamis, 28 Jul 2022 17:10 WIB
Gregoria Mariska Tunjung berhasil melaju ke 16 besar Indonesia Masters 2022. Tunggal putri Indonesia itu melibas perlawanan Phittayaporn Chaiwan (Thailand).
Siapa Tunggal Putri Indonesia dengan Posisi Tertinggi Kini? (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta -

Tunggal putri Indonesia terus mengalami perkembangan di turnamen Badminton World Federation (BWF). Siapa tunggal putri yang memiliki tahta tertinggi saat ini?

Beberapa perubahan ranking pun terjadi pada deretan tunggal putri Merah-Putih pada pekan ini, terutama pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia yang masuk dalam skuad utama PBSI.

PBSI memiliki 15 pemain tunggal putri dengan 10 di antaranya masuk dalam skuad utama. Mereka yang masuk dalam barisan utama ialah Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, Stephanie Widjaja, Saifi Rizka Nur Hidayah, Asty Dwi Widyaningrum, Nandini Putri Arumni, Bilqis Prasista, Siti Sarah Azzahra, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Aisyah Sativa Fatetani.

Menukil ranking BWF, Jorji, panggilan karib Gregoria Mariska masih merupakan tunggal putri Indonesia nomor satu saat ini. Saat ini, juara dunia junior 2017 itu menempati ranking 26 dunia, setelah sebelumnya dia menempati peringkat 31 dunia.

Catatan manis itu diperoleh pemain berusia 22 tahun itu setelah kiprahnya di tur Asia Tenggara memetik hasil baik. Ia keluar sebagai semifinalis di Malaysia Masters dan terhenti di perempatfinal pada turnamen Super 500 Singapore Open 2022.

Setelah Gregoria, posisi terbaik kedua diraih Putri Kusuma Wardani. Putri saat ini menduduki urutan 48 dunia. Dia memperbaiki rankingnya setelah menjuarai Orleans Masters 2022 pada 29 Maret-3 April lalu.

Putri yang semula berada di peringkat 78 dunia pada 31 Maret, rankingnya melesat ke peringkat 59 pada 5 April, kemudian naik lima tingkat ke posisi 50 dunia pada 5 Mei setelah terhenti di babak kedua Badminton Asia Championship 2022.

Putri pernah menempati ranking tertinggi yaitu 47 dunia pada awal Juli, tapi kemudian menurun ke posisi 48 usai kiprahnya di tur Asia Tenggara tak memuaskan. Dari ketiga turnamen di Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapore Open 2022, Putri yang kini menjalani pendidikan Polisi Wanita (Polwan) ini terhenti di babak 32 besar.

VANTAA, FINLAND - SEPTEMBER 29: Putri Kusuma Wardani of Indonesia reacts in the Women's Single match against Mia Blichfeldt of Denmark during day four of the TotalEnergies BWF Sudirman Cup at Energia Areena on September 29, 2021 in Vantaa, Finland. (Photo by Shi Tang/Getty Images)Putri Kusuma Wardani (Getty Images/Shi Tang)

Komang Ayu Cahya Dewi menempati peringkat ketiga terbaik tunggal putra Indonesia saat ini. Rankingnya saat ini berada di urutan 131 dunia. Soal kiprahnya di tahun ini, torehan terbaik Komang yaitu perempatfinal Bonn International 2022 dari tujuh turnamen yang dijalani.

Hasil itu tak lebih baik dari perolehannya pada 2021. Komang masih sempat mencicipi semifinal Bahrain International Challenge, dan runner up Bahkan International Series 2021.

Sementara di peringkat keempat ditempati Stephanie Widjaja yang berada di ranking 190 dunia. Adapun Bilqis Prasista, yang sempat mengejutkan bulutangkis dunia usai menyingkirkan pemain nomor 1 dunia, Akane Yamaguchi di Uber Cup 2022, masih menempati ranking 245 dunia.

Urutan Ranking 10 Pemain Top Indonesia :

1. Gregoria Mariska Tunjung: 26 dunia
2. Putri Kusuma Wardani : 48 dunia
3. Komang Ayu Cahya Dewi : 131 dunia
4. Stephanie Widjaja : 190 dunia
5. Aisyah Sativa Fatetani : 221 dunia
6. Bilqis Prasista : 245 dunia
7. Asty Dwi Widyaningrum : 275 dunia
8. Siti Sarah Azzahra : 336 dunia
9. Saifi Rizka Nurhidayah : 463 dunia
10. Nandini Arumni : 491 dunia.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT