ADVERTISEMENT

Mental Putri KW Sudah Terasah Tatap Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Mercy Raya - Sport
Senin, 15 Agu 2022 20:30 WIB
Putri Kusuma Wardani
Putri Kusuma Wardani sudah berubah secara mental menjelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. (Foto: dok.PBSI)
Jakarta -

Putri Kusuma Wardani bertekad main bagus pada debutannya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Dia ingin mengalahkan pemain-pemain top dunia.

Putri menjadi salah satu wakil Indonesia yang akan tampil di kejuaraan yang berlangsung di Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus ini. Dia mendampingi Gregoria Mariska Tunjung yang juga akan tampil di turnamen Grade 1 BWF tersebut.

Dibandingkan Gregoria yang sudah berpengalaman tampil di Kejuaraan Dunia, bagi Putri turnamen prestisius di dunia ini merupakan pertama untuknya.

Karenanya, ia tak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan bertekad tampil optimal demi mendapatkan hasil terbaik. "Senang pastinya dan ingin menunjukkan permainan bagus di Kejuaraan Dunia dan mengalahkan pemain-pemain top dunia," kata Putri dalam jumpa pers virtual, Senin (15/8/2022).

Putri percaya diri karena dia sudah melakukan persiapan intensif, terutama setelah mendapatkan pelatihan dari pendidikan Polisi Wanita (Polwan).

"Saya merasa ada perubahan dari segi mental. Tidak gampang menyerah dan mau secapek apapun, saya harus kuat. Itu yang saya rasakan," tambahnya.

Putri juga menyadari jika dibandingkan atlet lain, ia termasuk yang cukup terlambat mengikuti latihan untuk Kejuaraan Dunia. Meski begitu, Putri berhasil mengatasinya. "Ya memang harus cepat adaptasi lagi. Saya berusaha untuk mengembalikkan teknik, otot kaki, saya paksa agar bisa cepat dan mengikuti yang lain," ujarnya.

"Dan sejauh ini persiapannya sudah cukup bagus, tinggal pemantapan dari Kak On (Rionny Mainaky) dan Kak Herli (Djaenudin, Pelatih Tunggal Putri) seperti teknik dan fisik, serta kekuatan otot kaki," tuturnya.

Pelatih Tunggal Putri Rionny Mainaky, yang juga Kabid Binpres PBSI, juga menyatakan hal senada. Menurutnya, Putri sudah mulai ada perubahan.

"Jadi dia cukup cepat dan kelihatan dari disiplinnya, lebih cepat ambil keputusan, dan enggak ragu-ragu lagi. Itu yang saya lihat. Saya rasa dari sekarang ini kondisinya sudah balik seperti yang kami harapkan," kata Rionny yang mematok target Putri menembus perempatfinal di Kejuaraan Dunia nanti.



Simak Video "Johann Zarco Tercepat di FP2 MotoGP Thailand, Bagnaia Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT