ADVERTISEMENT

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022: Tim Indonesia Tiba di Jepang

Mercy Raya - Sport
Kamis, 18 Agu 2022 18:25 WIB
GOLD COAST, AUSTRALIA - APRIL 05:  A detail view of a badminton raquet and shuttlecock during the Badminton Mixed Team Group Play Stage - Group A on day one of the Gold Coast 2018 Commonwealth Games at Carrara Sports and Leisure Centre on April 5, 2018 on the Gold Coast, Australia.  (Photo by Scott Barbour/Getty Images)
Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022: Tim Indonesia Tiba di Jepang (Getty Images)
Jakarta -

Tim bulutangkis Indonesia diketahui sudah mendarat di Jepang, Kamis (18/8/2022). Sebanyak 15 wakil Merah-Putih siap tempur menghadapi Kejuaraan Dunia 2022.

Informasi tersebut diketahui dalam akun Twitter Kepala bidang Hubungan Internasional PBSI Bambang Roedyanto yang menuliskan, "Welcome to Japan".

Dalam tulisan tersebut juga ditambahkan beberapa foto yang menampilkan penggawa tim Indonesia, Rionny Mainaky, serta beberapa atlet yakni Anthony Ginting, serta tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo, dan tunggal putri Putri Kusuma Wardani. Ada juga Pelatih Ganda Putra Aryono Miranat, serta ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma.

Sesuai kebiasaan mengikuti turnamen di luar negeri, para pemain biasanya akan melakukan latihan pada keesokan harinya di practice hall. Sementara latihan resmi mendekati hari pelaksanaan pertandingan pada 20 Agustus.

Ginting dkk akan melakukan perjuangan kembali pada turnamen yang diselenggarakan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, pada 22-28 Agustus ini.

Terakhir kali mereka ikut turnamen pada Singapore Open yang bergulir pertengahan Juli lalu. Di ajang tersebut, Indonesia memboyong tiga gelar dari tunggal putra (Anthony Sinisuka Ginting), ganda putri (Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti), dan ganda putra (Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin).

Berkaca dari hasil positif tersebut, PBSI pun mencanangkan target tinggi di Kejuaraan Dunia kali ini. Induk federasi bulutangkis nasional itu diharapkan merebut dua gelar yakni dari sektor tunggal putra dan ganda putra.

Sektor ganda putra masih menjadi tumpuan PBSI dalam meraih prestasi tertinggi lantaran empat pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dianggap paling siap bersaing.

"Untuk target, saya melihat empat ganda putra bisa menjadi andalan. Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra masih ada di top 3. Lalu, Fajar/Rian juga sangat konsisten tahun ini dan Bagas/Fikri bisa juara All England 2022. Dari persiapan sangat serius, mereka terlihat ingin memenangkan persaingan. Ini menjadi positif sehingga saya berharap ganda putra bisa meraih gelar juara dunia," kata Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky beberapa waktu lalu.

Selain ganda putra, Rionny juga mematok sektor tunggal putra sebagai tumpuan meraih gelar juara di Kejuaraan Dunia bulutangkis 2022. Penampilan tiga wakil Merah-Putih di sektor ini di beberapa turnamen terakhir membuat Rionny yakin, mereka mampu menyumbang gelar juara.

"Selain ganda putra, tunggal putra dalam kondisi yang cukup baik. Mereka sudah tahu lawan masing-masing dan sudah mengantisipasi, terutama yang dianggap terkuat yaitu Viktor Axelsen dari Denmark. Saya harapkan mereka terus fit dan all out. Pun Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo bisa menjadi tim untuk mencapai gelar juara," tuturnya.

(aff/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT