ADVERTISEMENT

Absen di Japan Open 2022, Ranking Viktor Axelsen Masih Aman?

Mercy Raya - Sport
Senin, 29 Agu 2022 18:30 WIB
Denmarks Viktor Axelsen eyes the shuttlecock before making a stroke against Guatemalas Kevin Cordon during their mens singles badminton semifinal match at the 2020 Summer Olympics, Sunday, Aug. 1, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Dita Alangkara)
Absen di Japan Open 2022, Ranking Viktor Axelsen Masih Aman? (Foto: AP/Dita Alangkara)
Jakarta -

Viktor Axelsen dipastikan tak tampil di turnamen Japan Open 2022. Apakah posisinya nanti di peringkat BWF, masih aman?

Axelsen memutuskan untuk menarik keikutsertaannya di Japan Open 2022 karena harus memulihkan kondisi tubuhnya yang mulai tidak fit usai menyelesaikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang berakhir pada Minggu (28/8/2022).

Di turnamen mayor tersebut, pebulutangkis asal Denmark itu baru saja merebut gelar juara dunia keduanya dengan menyingkirkan lawan dari Thailand, Kunlavut Kittidsarn, dengan skor 21-5, 21-16.

Namun, titel itu diraihnya dengan membawa rasa sakit, sehingga ia perlu melakukan recovery pada tubuhnya.

Padahal, jika Viktor Axelsen tampil di ajang tersebut, kans untuk menambah koleksi gelarnya di turnamen bulutangkis internasional besar terjadi. Hal ini tak lepas dari performanya sepanjang tahun ini. Bahkan, pemain-pemain unggulan dibuat frustasi olehnya karena kerap gagal menang.

Adapun Axelsen tercatat sudah mengoleksi enam gelar dari sembilan turnamen yang dia ikuti tahun 2022.

Lantas bagaimana pengaruh ketidakikutsertaanya di Japan Open dengan posisinya yang kini berada di ranking pertama?

Jika menukil informasi Japan Open Badminton Champonship 2022, turnamen super 750 menawarkan tambahan 11.000 poin bagi yang sukses menjadi juara.

Sementara dilihat dari ranking BWF per tanggal 23 Agustus 2022, Axelsen masih menempati posisi puncak dengan koleksi 121.606 poin.

Pesaing terdekatnya ialah Kento Momota yang menempati peringkat kedua dengan koleksi 112.704 poin. Adapun di peringkat ketiga dan keempat ditempat Anders Antonsen dan Chou Tien Chen. Masing-masing memiliki 98.300 poin dan 93.776 poin.

Maka dengan absennya Axelsen, yang paling berpeluang untuk bisa menggeser ialah Kento Momota. Dengan catatan, pebulutangkis asal Jepang tersebut menjadi juara.

Sebab, ranking dunia yang saat ini tersedia, belum menambahkan poin dari kompetisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis yang berakhir Minggu (28/8). Dengan demikian, peluang Viktor Axelsen untuk tergeser oleh lawan-lawannya sangatlah tipis.

Namun, ini baru sebatas perkiraaan. BWF sendiri akan memperbaharui ranking pada hari Selasa di tiap pekannya. Patut dinanti, perubahan ranking yang akan dirilis BWF pada Selasa (30/8/2022) esok.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT