ADVERTISEMENT

Tekad Pebulutangkis Syabda Perkasa Tembus Ranking 100 Besar Tahun Ini

Mercy Raya - Sport
Selasa, 20 Sep 2022 13:12 WIB
Pebulutangkis Syabda Perkasa Belawa
Foto: Dok. PP PBSI
Jakarta -

Pebulutangkis nasional Syabda Perkasa Belawa membidik target tinggi di ajang indonesia International Series 2022. Selain juara, ia juga ingin menembus ranking 100 besar dunia.

Syabda menjadi wakil tuan rumah dari sektor tunggal putra yang dipersiapkan mengikuti turnamen bulutangkis di GOR Among Rogo, Yogyakarta, mulai Selasa (20/9/2022) pukul 13.00 WIB.

Dari segi kesiapan, Syabda menyebut sudah menjalani latihan sejak dua bulan lalu guna menatap turnamen intenasional berhadiah total 5.000 dollar AS tersebut.

"Dari segi persiapan saya merasa sudah bagus. Pastinya saya ingin juara di sini, ingin poin maksimal karena fokus utama saya di sisa tahun ini adalah memperbaiki posisi di ranking dunia," kata Syabda dalam rilis PBSI.

"Targetnya menembus 100 besar dunia," lanjut Syabda yang saat ini menduduki peringkat 244.

Namun, Syabda menyadari mewujudkan keinginannya menjadi juara tak akan mudah. Apalagi melihat persaingan tunggal putra cukup ketat, baik dari rekan pelatnas mapun beberapa pemain dari luar lainnya. Selain Syabda, Indonesia menurunkan 28 wakilnya dari sektoe tunggal putra.

Syabda yang menempati seeded kedelapan akan menghadapi wakil Malaysia Teh Jin Hong di babak 64 besar.

"Semua pemain mempunyai kans yang sama dan persaingan akan berlangsung ketat," tuturnya

"Lawan yang berat bukan hanya dari rekan sesama pelatnas yang sudah saling mengetahui cela permainan masing-masing, kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi juga dari beberapa senior yang sudah tidak di pelatnas seperti Panji (Ahmad Maulana) dan Krishna (Adi Nugraha)," Syabda mengungkapkan.

"Dari Chinese Taipei dan beberapa negara lain juga bagus-bagus. Jadi memang semua harus diwaspadai dan harus siap di lapangannya," kata Syabda.

Syabda sendiri tercatat mengantongi satu gelar dari empat turnamen yang diikuti sepanjang tahun ini. Ia menjadi yang terbaik di turnamen RSL Lithuanian International 2022 pada Juni lalu.

Ia juga menjadi semifinalis pada ajang Yonex Bonn International 2022. Sedangkan di Piala Thomas 2022, Syabda berkesempatan main satu kali saat melawan wakio Korea Yun Gyu Lee di babak penyisihan grup.

Syabda berhasil mengumbangkan poin untuk Indonesia setelah bermain rubber 21-14, 11-21, 21-16.

Lihat juga Video: The Daddies Raih Runner-up Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT