ADVERTISEMENT

Taufik Hidayat: Konflik Kevin-Herry IP, PBSI Harus Cepat Cari Solusi!

Mercy Raya - Sport
Kamis, 29 Sep 2022 16:11 WIB
Taufik Hidayat di GOR Sukabumi
Taufik Hidayat memberi saran untuk konflik Kevin Sanjaya dengan Herry IP. (Foto: istimewa)
Jakarta -

Taufik Hidayat memberikan pandangannya terkait persoalan Kevin Sanjaya Sukamuljo dengan Herry Iman Pierngadi, yang merupakan pelatihnya di sektor ganda putra. Menurutnya, PBSI harus cepat cari solusi dan jadi penengah.

Persoalan Kevin dengan Herry IP seperti diketahui muncul setelah sang atlet tak mau lagi dilatih oleh Herry. Kevin mengaku kesal dengan pelatihnya tersebut karena kerap dijelek-jelekkan. Dengan puncaknya terjadi saat di Indonesia Open 2022.

Kritikan yang lebih dulu dituangkan sang pelatih kepada media, ketimbang kepada dirinya lebih dulu, membuat juara All England 2017 dan 2018 semakin geram.

Imbasnya, Kevin pun memutuskan tak lagi mau dilatih oleh Herry. Sementara Herry saat dikonfirmasi mengamini bila atletnya tak ingin dilatih olehnya. Kendati diakuinya, ia tak mengetahui persis apa yang menjadi alasan dibalik kekesalan atletnya tersebut terhadap dirinya.

"Kuncinya cuma satu saja ya: duduk bersama. Ada Binpres, ada pengurus, kita sama-sama cari solusi ke depan seperti apa. Apalagi ke depan ada Olimpiade. Sayang gitu lo. Saya harap ini bisa cepat diselesaikan," kata Taufik saat ditemui detikSport, dan dua media lain di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

Bukan tanpa alasan, peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 itu mengatakan demikian. Sebab, ujung-ujungnya yang akan rugi adalah si atletnya.

"Dari situ kami sangat menyayangkan. Pelatih juga kepada pemain enggak gampang mengurus atlet. Pelatih juga harus tahu karakter si anaknya juga. Ada aturan yang harus diterapi, tapi kita juga harus lihat juga masalahnya seperti apa, masalahnya seperti apa, bahasanya seperti apa," dia menjelaskan.

"Kan ada, anak ini yang biasa menanggapinya, ada yang serius, jadi pelatih juga harus tahu dan banyak belajar. Harus tahu karakter si anak, dan di balik itu si atlet harus berani jujur kepada pelatihnya ada keluhan dan masalah, ya cerita. Dari situ akan lebih nyaman. Itu saya dulu. Kalau sekarang saya rasa sama, cuma ganda ini berat," ujarnya.

"Jadi solusi di masalah Kevin ini ya duduk bareng saja. Maksudnya kita lihat ke depan lebih baik lagi lah. Kalau dulu punya masalah masing-masing, yang saya tidak tahu masalahnya apa, ya sudah lah lupakan semua, kita lihat ke depan. Kalau memang mereka mau sama-sama barengan."

"Tapi kalau tidak mau sama-sama, ya pengurus harus punya solusi yang cepat. Karena makin ke depan pertandingan sudah tak akan ditunda-tunda lagi, ya akan mengganggu terus. Jadi harus diambil tindakan yang cepat," kata Taufik menambahkan.

Simak Video: Retaknya Hubungan Kevin Sanjaya dan Herry IP

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT