ADVERTISEMENT

Update Ranking BWF: Peringkat Hendra/Ahsan Turun, Kevin/Marcus Naik

Mercy Raya - Sport
Selasa, 04 Okt 2022 12:51 WIB
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan finis runner-up di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 di Tokyo, Jepang.
Hendra/Ahsan. Foto: Humas PBSI
Jakarta -

Badminton World Federation (BWF) kembali memperbaharui peringkat atlet-atlet bulutangkis top dunia. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan posisinya turun lagi.

Merujuk laman BWF, pada pekan ke-40 per tanggal 4 Oktober 2022, sejumlah sektor tak mengalami perubahan signifikan, khususnya atlet-atlet Indonesia. Sektor yang mengalami peningkatan dan penurunan peringkat dari pekan lalu ialah ganda putra.

Hendra/Ahsan, yang pada minggu sebelumnya berada di peringkat keempat, kembali turun satu tingkat. Ia digeser oleh Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia.

Hendra/Ahsan mengoleksi 89.495 poin, sementara Aaron/Wooi Yik mengumpulkan poin lebih banyak 90.328. Perubahan juga terjadi pada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Minions yang semula berada di peringkat ketiga, kini kembali ke posisi kedua. Ia menggeser ganda Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin. Masing-masing mengemas 96.527 poin dan 96.068 poin.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri naik satu tingkat ke posisi 14 dengan 58.212 poin, begitupun dengan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dengan 58.107 poin berada tepat di bawah rekannya tersebut.

Sedangkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan tetap pada posisinya. masing-masing di peringkat keenam dan ke-12.

Dari sektor tunggal putra, empat pebulutangkis Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo masih berada di 30 besar dunia. Masing-masing di peringkat keenam, kedelapan, ke-23, dan ke-26.

Gregoria Mariska Tunjung dari nomor tunggal putri juga tak mengalami perubahan. Dia tetap berada di posisinya ke-22 dengan 51.461 poin.

Sementara Komang Ayu Cahya Dewi naik drastis 16 tingkat ke posisi 73 usai menjadi runner up Indonesia International Challenge 2022, pada 27 September- 2 Oktober lalu.

Dari ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti bertahan di ranking ke-26 (45.690 poin). Sementara itu, pasangan lain Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi naik empat tingkat ke peringkat ke-29 setelah mengumpulkan 43.628 poin.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti masih menjadi yang terbaik dari Indonesia dengan menempati peringkat kelima. Posisinya bertahan meskipun keduanya sudah absen di beberapa turnamen cukup lama, menyusul pemulihan Praveen dari cedera yang dialaminya saat laga di Jakarta. Saat ini mereka mengoleksi 82.999 poin.

Berbeda dengan Rinov Rivaldi/Phita Haningtyas Mentari yang mengalami transisi dengan naik ke peringkat 16 menggeser seniornya, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widaja. Pasangan yang kini tidak lagi menghuni Pelatnas PBSI itu turun posisi ke-18.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT