DetikSepakbola
Kamis 21 Juni 2018, 00:00 WIB

5 Negara Unggulan di Piala Dunia 2018

Advertorial - detikSport
5 Negara Unggulan di Piala Dunia 2018 Ilustrasi foto: Shutterstock
Jakarta -

Tahun ini, 32 negara akan tampil maksimal memperebutkan piala bergengsi empat tahunan Piala Dunia. Berlangsung pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 di Rusia, banyak kejutan yang terjadi pada edisi Piala Dunia kali ini. Misalnya saja, dua negara besar seperti Belanda dan Italia yang gagal lolos dalam kualifikasi serta lolosnya Islandia dan Panama ke Rusia dengan status negara debutan.

Selain itu, Piala Dunia 2018 kali ini juga diikuti oleh negara-negara yang pernah mengangkat trophy Piala Dunia seperti Brasil, Jerman, Argentina, dan Uruguay. Dari ke 32 negara tersebut, beberapa di antaranya mempunyai peluang besar untuk menjuarai Piala Dunia 2018. Apakah salah satunya merupakan tim jagoan Anda? Simak ulasannya berikut!

1. Jerman

Di tangan pelatih Joachim Low, Jerman menjadi salah satu negara yang diunggulkan pada Piala Dunia 2018. Low mengawalinya menjadi asisten pelatih Jurgen Klinsmann dan membawa Jerman juara ketiga pada Piala Dunia 2006. Selain itu, prestasi terbaik Low ada ketika tim yang diasuhnya menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil.

Di pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2018, Mesut Ozil dan kawan-kawan juga selalu memenangkan laga. Meskipun tidak dipenuhi pemain-pemain tersohor di lini depan, kekuatan Die Mannschaft (julukan Jerman) di Piala Dunia 2018 tidak berkurang. Hal ini disebabkan tim Jerman memiliki banyak generasi baru seperti Timo Werner menjadi top scorer dengan tujuh gol pada Piala Konfederasi 2016 dan membawa Jerman menjadi juara.

2. Brasil

Timnas Brasil dijadikan unggulan karena berhasil bermain apik di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol. Brasil menekuk Leonel Messi dan kawan-kawan dengan tiga gol tanpa balas saat itu.

Sejak ditangani Tite, performa Brasil terus meningkat. Apalagi, kini skuat Brasil diisi oleh pemain di atas rata-rata. Lini depan Brasil, Gabriel Jesus, bisa saja menjadi ancaman negara-negara lainnya. Di sana ia akan didukung Neymar, Coutinho, dan Paulinho dari lini tengah. Tak lupa, Brasil juga memiliki Roberto Firmino yang telah mentereng bersama Liverpool.

Selain itu, lini belakang peraih timnas yang pernah 5 kali juara Piala Dunia ini juga kokoh karena diisi oleh duet Marcelo dan Thiago Silva. Pengalaman, mental juara, dan skuat brilian menjadikan kemenangan bukan hal yang mustahil diraih oleh Brasil pada Piala Dunia kali ini.

3. Spanyol

Spanyol kini bangkit setelah kekalahannya menjadi 16 besar di Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016. Kali ini, pada Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018, Spanyol tampil apik dengan memenangkan sembilan kali dari 10 pertandingan. Performa Spanyol yang meningkat merupakan peran dari juru taktik mereka Julen Lopetegui setelah Euro 2016.

Meskipun sempat diwarnai dengan drama pergantian pelatih, skuat Timnas Spanyol kali ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hal tersebut disebabkan pelatih sebelumnya, Lopetegui, memilih pemain berdasarkan performa bukan nama besar, seperti Iago Aspas dan Rodrigo Moreno. Selain itu, Isco Alarcon yang menunjukan penampilan terbaiknya bersama Real Madrid juga dipilih menjadi pemain pusat di timnas Spanyol.

4. Prancis

Juara Piala Dunia 1998 dan runner up Piala Eropa 2016, Prancis juga diprediksi akan menjadi juara Piala Dunia 2018. Alasannya, kini Prancis dipenuhi deretan pemain bintang seperti Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Ousmane Dembele. Tak hanya itu, gelandang termahal di dunia, Paul Pogba juga menambah kekuatan Prancis dalam perhelatan akbar sepak bola di Rusia kali ini.

Di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018, tim asuhan Didier Deschamps ini berhasil mengalahkan Swedia dan Belanda. Hal tersebut juga menjadi gambaran Prancis yang berada di Grup C bersama Peru, Denmark, dan Australia memiliki peluang besar untuk lolos ke 16 besar.

5. Belgia

Dari kelima negara kandidat juara, Belgia merupakan satu-satunya negara yang belum pernah mengangkat trophy Piala Dunia. Namun, bukan berarti Belgia tak menjadi negara yang diandalkan pada Piala Dunia 2018. Timnas Belgia tengah difavoritkan karena saat ini memiliki generasi emas seperti Hazard dan De Bruyne. Para pemain Belgia telah membuktikan permainan yang baik pada liga-liga besar di Inggris, Spanyol, dan Italia.

Meski sempat cedera, Hazard tetap mengisi posisi gelandang bersama Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco, dan Fellaini. Selain itu, gelandang kreatif seperti Romelu Lukaku dan Michy Barshuayi juga akan mendukung lini depan timnas Belgia di Piala Dunia 2018.

Lini pertahanan Belgia pun memiliki kualitas yang kokoh. Vincent Kompany akan memimpin lini pertahanan bersama Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen, keduanya merupakan andalan di Tottenham Hotspurs. Lalu ada pula Thiabaut Courtois, penjaga gawang yang memperkokoh barisan pertahanan Belgia. Seimbang di segala lini, bukan hal yang mustahil Belgia memberikan kejutan di Piala Dunia 2018.

Itulah 5 negara andalan dan diunggulkan menjadi juara di Piala Dunia 2018. Kelima negara tersebut akan bersaing memperebutkan piala bergengsi gelaran sepak bola terbesar di dunia. Untuk menontonnya, Anda bisa melihat jadwal pertandingan mereka di Traveloka. Jangan sampai terlewatkan performa pemain bintang favorit Anda di Piala Dunia 2018!


(adv/adv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • 'Sarri Mirip dengan Guardiola'

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:59 WIB Pemain Chelsea, Pedro, sudah bisa memberikan penilaian mengenai Maurizio Sarri kendati belum lama dilatih. Italiano itu disebut mirip dengan Josep Guardiola.
  • 20Detik

    Neymar Fokus ke PSG, Bukan Real Madrid

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 12:20 WIB Neymar mengungkapkan komitmennya bersama PSG. Hal ini menepis isu transfer bahwa dirinya dikaitkan dengan Real Madrid.
  • Karius Dibela Casillas

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:48 WIB Kiper legendaris Spanyol Iker Casillas membela Loris Karius yang terus-terusan dihujat belakangan ini. Casillas mengingatkan bahwa Karius juga manusia biasa.
  • 20Detik

    Video: Mengulik Kehebatan Vinicius Junior

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 12:11 WIB Vinicius Junior telah diperkenalkan resmi sebagai pemain Real Madrid setelah ditransfer dari Flamengo. Seperti apa sih permainannya?
  • Andreas Pereira Mulai Ambil Hati Mourinho

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:14 WIB Manajer Manchester United, Jose Mourinho, cukup senang dengan penampilan Andres Pereira. Tapi, pemain berdarah Brasil itu diminta untuk bermain lebih simpel.
  • Liverpool Dilibas Dortmund di ICC

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 07:37 WIB Liverpool menelan kekalahan dalam laga pertamanya di International Champions Cup 2018. The Reds kalah 1-3 dari Borussia Dortmund setelah sempat unggul duluan.
  • Pesan Karius untuk Mereka yang Menertawakannya

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:18 WIB Loris Karius masih jadi bahan tertawaan lantaran blunder-blundernya bersama Liverpool. Karius punya pesan untuk mereka yang terus mengolok-oloknya.
  • 20Detik

    Vinicius Junior: Saya seperti Neymar, Bukan Ronaldo

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:41 WIB Vinicius Junior telah resmi sebagai pemain Real Madrid usai didatangkan dari klub Brasil, Flamengo. Dirinya menyebut punya kemiripan gaya bermain dengan Neymar.
  • 20Detik

    Video: Duh.. Karius Lagi-lagi Blunder

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 10:23 WIB Loris Karius kembali melakukan blunder fatal saat Liverpool kalah 1-3 dari Borussia Dortmund pada laga pramusim International Champions Cup.
  • Martial Ingin Hengkang, Mourinho Tak Mau Melepas

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 08:46 WIB Anthony Martial sudah mengungkapkan keinginannya meninggalkan Manchester United. Namun, manajer MU Jose Mourinho menegaskan, tidak ada rencana melepas Martial.
  • Karius Bikin Blunder Terus

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 06:35 WIB Lloris Karius belum juga berhenti bikin blunder. Kiper Liverpool itu kembali melakukan blunder saat timnya kalah 1-3 dari Borussia Dortmund.
  • MU Kembali Imbang di Laga Pramusim

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 08:00 WIB Manchester United kembali bermain imbang di laga pramusim. Melawan San Jose Earthquakes, 'Setan Merah' berimbang 0-0.
  • International Champions Cup

    Sempat Unggul Duluan, Liverpool Dikalahkan Dortmund 1-3

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 05:32 WIB Liverpool mengawali pramusimnya di Internasional Champions Cup dengan kekalahan. The Reds tumbang 1-3 dari Borussia Dortmund setelah sempat unggul duluan.
  • Sudah Temui Lopetegui, Kovacic Minta Dijual?

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 03:17 WIB Mateo Kovacic telah bertemu dengan pelatih anyar Real Madrid, Julen Lopetegui. Dalam pertemuan itu Kovacic dikabarkan meminta untuk dijual pada musim panas ini.
  • Napoli Akui Tertarik dengan Darmian

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 00:18 WIB Matteo Darmian dikabarkan akan hengkang dari Manchester United. Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, tertarik untuk mendapatkan pemain 28 tahun itu.
  • Timnas U-23 Sisakan 2 Uji Coba ke Asian Games 2018

    Sepakbola | Minggu 22 Juli 2018, 19:58 WIB Tim Nasional U-23 akan menjalani dua kali uji coba sebagai persiapan akhir menuju Asian Games 2018. Tim asuhan Luis Milla menghadapi tim Liga 1 dan Timor Leste.
  • Foto Sepakbola

    Kerennya Bus Baru Timnas

    Sepakbola | Minggu 22 Juli 2018, 17:43 WIB Tim nasional mendapatkan bus baru menjelang Asian Games 2018. Dua bus disediakan untuk Timnas U-23, U-19, U-16, dan putri.
  • Asyik! Timnas Miliki 2 Bus Baru

    Sepakbola | Minggu 22 Juli 2018, 16:50 WIB Tim nasional mendapatkan bus baru menjelang Asian Games 2018. Dua bus disediakan untuk Timnas U-23, U-19, U-16, dan putri.