DetikSepakbola
Kamis 14 Juni 2018, 12:15 WIB

Melihat Rekam Jejak Fernando Hierro Sebagai Pelatih

Randy Prasatya - detikSport
Melihat Rekam Jejak Fernando Hierro Sebagai Pelatih Melihat rekam jejak Fernando Hierro di dunia kepelatihan. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Fernando Hierro telah ditunjuk sebagai pelatih timnas Spanyol setelah pemecatan Julen Lopetegui. Bagaimana rekam jejak Hierro di dunia kepelatihan?

Asosiasi Sepakbola Spanyol secara resmi menunjuk Hierro sebagai pelatih baru timnas. Pria 50 tahun itu menggantikan Lopetegui, yang dipecat mendadak pada Rabu (13/6/2018).

Hierro bisa dikatakan tidak punya waktu untuk adaptasi di timnas. Dia sudah harus bisa mempersiapkan tim untuk laga pertama di Piala Dunia 2018 melawan Portugal Sabtu (16/6/2018) dinihari WIB.


Mantan pemain Madrid ini sebetulnya tidak punya jam terbang yang mumpuni di dunia kepelatihan. Tercatat, pria 50 tahun itu memulai karier sebagai asisten pelatih Carlo Ancelotti di Madrid pada Juli 2014, menggantikan Zinedine Zidane yang pergi menjadi pelatih Real Madrid Castilla.

Tugasnya sebagai pelatih kepala baru terjadi selang dua tahun kemudian. Dia membesut Real Oviedo pada musim 2016/2017 dengan mencatatkan 17 kemenangan, 10 imbang, dan 16 kekalahan.

Oviedo kala itu meraih 61 poin dan finis di posisi kedelapan dalam klasemen Segunda Division. Oviedo juga tercatat punya selisih gol yang tidak bagus dengan mencetak gol 50 dan kebobolan 51.


Hierro cuma berada satu musim di Oviedo. Kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kerja sama setelah klub gagal meraih tiket play-off ke La Liga. Pada 27 November 2017, Hierro diangkat menjadi Direktur Olahraga timnas Spanyol

Nah, dengan minimnya pengalaman Hierro sebagai pelatih kepala, bisakah dia membawa Spanyol berlari jauh di ajang besar seperti Piala Dunia?



(ran/fem)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed