DetikSepakbola
Jumat 22 Juni 2018, 08:41 WIB

Laporan Dari Sochi

Jerman Panaskan Mesin di Sochi

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Jerman Panaskan Mesin di Sochi Foto: Moh Resha Pratama/detikSport
Sochi - Kekalahan Jerman dari Meksiko di laga pembuka memang mengecewakan. Bisa jadi karena mesin Der Panzer belum panas kala itu.

Menghadapi Meksiko di Luzhiki Stadium hari Minggu lalu, Jerman mendapat kejutan usai menyudahi laga dengan skor 0-1. Rekor Jerman yang selalu menang di laga pembuka Piala Dunia dalam beberapa edisi terakhir berhenti sudah.

Kekalahan Jerman ini juga melanjutkan tren buruk juara bertahan dalam beberapa Piala Dunia terakhir yang gagal menang di partai perdana dan akhirnya tersingkir. Italia di 2010 dan Spanyol empat tahun lalu jadi buktinya.


Meski masih diperkuat skuat yang sebagian besar memenangi turnamen di Brasil 2014, namun permainan Jerman dianggap tak lagi setangguh itu. Beberapa pemain intinya seperti Thomas Mueller, Manuel Neuer, Mesut Oezil, Mats Hummels, dan Jerome Boateng dianggap menurun.

Hal itu sebenarnya sudah dibuktikan ketika Jerman meraih hasil kurang maksimal pada laga ujicoba beberapa waktu lalu. Mimpi buruk Spanyol empat tahun lalu pun terancam diulangi Jerman akhir pekan ini saat menghadapi Swedia di Fisht Stadium, Sabtu (23/6/2018) malam waktu setempat nanti.

Mats Hummels saat dikerumuni media sebelum latihan dengan timnas Jerman.Mats Hummels saat dikerumuni media sebelum latihan dengan timnas Jerman.
Foto: Moh Resha Pratama/detikSport

Kemenangan Swedia atas Korea Selatan memang diraih dengan kurang meyakinkan tapi tim Skandivania itu lolos ke Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Italia di playoff. Maka Blagult pun tak bisa dipandang sebelah mata.

Die Mannschaft yang butuh kemenangan pun lebih cepat mendatangi Sochi untuk beradaptasi dengan cuaca panas di kota yang terletak di pinggiran Laut Hitam tersebut. Dua hari setelah kekalahan dari Meksiko, Jerman lantas tiba di Sochi pada Selasa (19/6).

Pada keesokan harinya, Jerman lantas langsung mengadakan latihan di Sochi Park yang bersebelahan dengan laut. Sinar matahari Sochi yang terik pun diharapkan bisa lebih memanaskan mesin diesel Jerman yang terlihat lambat panas di turnamen ini.


Sehari setelahnya atau tepatnya, Kamis (21/6/2018) pagi waktu setempat, Jerman kembali mengadakan sesi latihan terbuka untuk media selama 15 menit. Sebelum sesi latihan dimulai pukul 11.00, sekitar setengah jam sebelumnya diadakan sesi wawancara media dengan empat penggawa Jerman yakni Hummels, Sami Khedira, Timo Werner, dan Mario Gomez.

Sayangnya sesi wawancara hanya dilakukan dalam bahasa Jerman. Saat detikSport coba meminta waktu Hummels untuk diwawancara dengan bahasa Inggris, tim media Federasi Sepakbola Jerman (DFB) langsung menolak karena latihan sudah akan dimulai.

Ah, sayang sekali!
(mrp/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed