DetikSepakbola
Senin 16 Juli 2018, 03:29 WIB

Varane Kawinkan Gelar Piala Dunia dan Liga Champions

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Varane Kawinkan Gelar Piala Dunia dan Liga Champions Foto: Matthias Hangst/Getty Images
Jakarta - Bek tengah Prancis Raphael Varane masuk sebuah daftar elite. Menyusul kesuksesan Prancis memenangi Piala Dunia 2018 usai menundukkan Kroasia 4-2 di final.

Pesepakbola berusia 25 tahun itu menjadi salah satu pemain kunci Les Bleus. Varane selalu tampil penuh di tujuh pertandingan sejak fase grup dan berhasil menyumbang satu gol yang membantu Prancis mengalahkan Uruguay 2-0 di perempatfinal.

Sukses Varane bersama Prancis melanjutkan sukses dia di Real Madrid. Pada Mei lalu, Varane ikut mengantar Madrid memenangi Liga Champions ketiga berturut-turut usai menghempaskan Liverpool 3-1 di final.


Varane Kawinkan Gelar Piala Dunia dan Liga Champions
Alhasil, pencapaian Varane lengkap sebagai pesepakbola saat ini nyaris lengkap. Pemilik 48 caps di Prancis itu telah mengoleksi total 16 gelar juara; Liga Champions (4), Piala Dunia Antarklub (3), Piala Super Eropa (3), La Liga (2), Piala Super Spanyol (2), Copa del Rey (1), dan Piala Dunia (1).

Varane kini menjadi pemain ke-11 yang mampu mengawinkan dua gelar mayor itu. Pemain terakhir yang mampu mencetak prestasi serupa adalah mantan rekan setimnya, Sami Khedira saat menjuarai Piala Dunia 2014 bersama Jerman.


Pada 1974, Uli Hoeness, Gerd Mueller, Franz Beckenbauer, Paul Breitner, Hans-Georg Schwarzenbeck, Sepp Maier, dan Jupp Kapellmann memenangi European Cup (format lama Liga Champions) dengan Bayern Munich. Bayern mengatasi Atletico Madrid dalam final replay 4-0 usai imbang 1-1.

Setelah itu ketujuh pemain tersebut membantu Jerman Barat mengalahkan Belanda 2-1 untuk merebut titel juara dunia di depan publiknya sendiri.


Di 1998, Christian Karembeu memenangi Liga Champions bersama Madrid kala mengalahkan Juventus 1-0. Musim panas karembeu semakin mengesankan dengan membawa Prancis juara dunia untuk pertama kalinya lewat kemenangan atas Brasil 3-0.

Roberto Carlos mencatat torehan serupa empat tahun kemudian. Sukses mengantar Madrid juara Liga Champions lewat kemenangan atas Bayer Leverkusen 2-1, Carlos naik podium tertinggi di Jepang saat Brasil menjadi juara dunia usai mengalahkan Jerman 2-0.

Sedangkan Khedira menjadi bagian Madrid saat menghempaskan Atletico 4-1 di final Liga Champions yang digelar di Lisbon pada empat tahun lalu. Hanya sebulan setelahnya, Khedira membawa Jerman melangkahi Argentina usai menang 1-0 di Maracana, Rio de Janiero.


Tonton juga video: 'Putin Serahkan Estafet Tuan Rumah Piala Dunia ke Qatar'

[Gambas:Video 20detik]





(rin/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed