sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 09 Sep 2014 03:45 WIB

Kualifikasi Piala Eropa 2016

Dua Gol Welbeck Menangkan Inggris atas Swiss

- detikSport
(Reuters/Denis Balibouse)
Basel -

Inggris memulai kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan kemenangan 2-0 atas Swiss. Danny Welbeck menjadi pahlawan kemenangan Inggris lewat dua gol yang dicetaknya di babak kedua.

Dalam pertandingan di St. Jakob-Park, Selasa (9/9/2014) dinihari WIB, terdapat dua nama yang relatif baru di susunan pemain yang diturunkan Inggris. Roy Hodgson memasang John Stones di lini belakang serta Fabian Delph di barisan gelandang.

Laga antara Inggris dan Swiss berjalan relatif seimbang. Di babak pertama, Soccernet mencatat Inggris hanya unggul sedikit dalam penguasaan bola yaitu 52:48.

Inggris mendapat peluang emas di menit ke-29. Danny Welbeck mampu mencuri bola dari Steve Von Bergen dan merangsek ke dalam kotak penalti Swiss dari sisi kanan. Welbeck kemudian melepaskan umpan ke depan gawang, tapi Raheem Sterling gagal menjangkau bola.

Empat menit berselang, giliran Swiss yang mengancam gawang Inggris. Berawal dari kesalahan Phil Jones dalam mengoper di daerah sendiri, bola justru bisa direbut Xherdan Shaqiri.

Pemain Bayern Munich itu kemudian mengoper bola kepada Haris Seferovic. Dengan kaki kirinya, Seferovic mencoba untuk menembak ke arah tiang jauh. Tapi upayanya ini bisa dihalau Joe Hart dengan kakinya.

Inggris kembali mendapat peluang di menit ke-43. Tapi tembakan kaki kanan Wayne Rooney bisa dihalau oleh Yann Sommer dan menghasilkan sepak pojok.

Dari sepak pojok itu, Inggris nyaris membobol gawang Swiss. Tapi Sommer lagi-lagi melakukan penyelamatan, kali ini dari sundulan Jones yang menyongsong tendangan sudut Rooney.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol dari kedua tim. Skor 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, peluang bagus hadir untuk Inggris di menit ke-52. Jordan Henderson yang bergerak di sisi kanan mengirim umpan ke dalam kotak penalti. Sterling gagal menendang bola dengan sempurna. Tapi bola justru mengenai kaki Valon Behrami dan nyaris meluncur ke gawang sendiri.

Swiss kemudian balik mengancam lewat sepakan voli Seferovic. Tapi Hart masih bisa menggagalkan peluang Swiss itu.

Inggris akhirny memecah kebuntuan di menit ke-59. Berawal dari serangan balik yang dipimpin oleh Rooney, Sterling yang menerima bola dari pemain Manchester United itu kemudian mengirim umpan ke dalam kotak penalti. Welbeck yang sudah berada di dalam kotak penalti kemudian menceploskan bola ke dalam gawang dengan kaki kanannya.

Swiss mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit ke-70. Lolos dari jebakan offside, Josip Drmic tinggal berhadapan dengan Hart. Dia kemudian bisa melewat Hart dan mengarahkan bola ke arah gawang yang sudah kosong. Tapi Gary Cahill dengan sigap menghalau bola hingga hanya menghasilkan sepak pojok untuk Swiss.

Swiss yang terus melancarkan serangan kembali mengancam gawang Inggris enam menit kemudian. Sepakan voli Seferovic membentur tiang gawang. Namun dia juga sudah lebih dulu dinyatakan offside.

Sementara itu, upaya Inggris untuk menambah keunggulannya membuahkan hasil di masa injury time. Kembali dari sebuah serangan balik, Sterling mengoper kepada Rickie Lambert yang kemudian mengirim bola kepada Welbeck. Relatif tak terkawal, striker baru Arsenal itu kemudian melesakkan bola ke pojok gawang Sommer untuk memastikan kemenangan 2-0 bagi Inggris.

Dengan kemenangan ini, Inggris yang tergabung di Grup E mengumpulkan tiga poin. Sementara Swiss masih belum mendapat poin.

Susunan Pemain

Swiss: Sommer, Lichtsteiner, von Bergen, Djourou, Rodriguez, Behrami, Inler, Xhaka (Dzemaili 74'), Shaqiri, Seferovic, Mehmedi (Drmic 64')

Inggris: Hart, Stones, Cahill, Jones (Jagielka 77'), Baines, Wilshere (Milner 73'), Henderson, Delph, Sterling, Welbeck, Rooney (Lambert 90')

(nds/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com