DetikSepakbola
Sabtu 27 Februari 2016, 16:10 WIB

Karier Politik Hakan Sukur Tersandung Kicauan di Twitter

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Karier Politik Hakan Sukur Tersandung Kicauan di Twitter Getty Images/Tullio M. Puglia
Istanbul -

Mantan bintang internasional Turki Hakan Sukur, sedang tersandung masalah terkait kicauannya di twitter. Karier politiknya pun menghadapi hadangan.

Beberapa hari lalu ramai pemberitaan di media-media Turki dan juga Eropa, ketika Sukur diperiksa jaksa penuntut umum terkait dengan isi twitter-nya yang dinilai menghina presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan anaknya.

Meski demikian, Sukur membantah bahwa cuitannya itu ditujukan kepada Erdogan. Namun, jaksa penuntut umum menolaknya dan memutuskan akan terus melanjutkan investigasi.

Jika terbukti bersalah maka Sukur bisa dipenjara selama empat tahun. Proses hearing sendiri yang bakal dihadiri Sukur rencananya akan digelar dalam beberapa pekan ke depan.

Cuitan itu sendiri sudah tiada alias kemungkinan besar sudah dihapus oleh yang bersangkutan, yang memilki akun @hakansukur.

Boleh jadi apa yang dilakukan Sukur ini terkait dengan ideologi politik yang dianutnya. Sejak pensiun sebagai pesepakbola, eks penyerang Torino, Inter Milan, Blackburn Rovers dan legenda Galatasaray itu memang terjun ke dunia politik. Di tahun 2011 dia terpilih sebagai anggota parlemen dari Partai Keadlilan dan Pembangunan (AKP), yang notabene adalah partai yang sempat diketuai Erdogan.

Namun, pada Desember 2013 Sukur memutuskan mundur dari kegiatan partai tersebut usai kasus korupsi yang diduga menyeret nama Erdogan dan beberapa pengikutnya. Sukur lantas menyebrang untuk mendukung rival Erdogan, Fethullah Gulen, yang disinyalir dekat dengan Amerika Serikat.

Meski demikian, Sukur sampai saat ini masih menjalani profesinya sebagai anggota parlemen dari barisan independen alias non-partai. Namun, dengan kasus dugaan pelecehan terhadap Erdogan ini, karier politik Sukur kini terancam.

Di dunia olahraga, Sukur adalah pahlawan Turki. Puncak kontribusinya adalah saat menjadi kapten timnasnya kala finis di peringkat ketiga Piala Dunia 2002. Hingga kini ia tercatat sebagai top skorer sepanjang masa Turki dengan 51 gol dari 112 caps. Total ia membukukan 332 gol dari 709 pertandingan kompetitif,




(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed