DetikSepakbola
Selasa 20 Juni 2017, 06:56 WIB

Presiden FIFA: Teknologi Video adalah Masa Depan Sepakbola

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Presiden FIFA: Teknologi Video adalah Masa Depan Sepakbola Layar di stadion ketika sebuah insiden dianalisis (Foto: REUTERS/John Sibley)
Moskow - Berbagai kritik mulai berdatangan setelah FIFA mencoba penerapan Video Assistant Referee (VAR) dalam pertandingan-pertandingan sepakbola. Namun, bagi Presiden FIFA Gianni Infantino, VAR adalah masa depan sepakbola modern.

Diperkenalkannya VAR bertujuan untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan oleh wasit maupun hakim garis. Wasit yang bertugas di lapangan akan berkomunikasi dengan sebuah tim yang menganalisis rekaman pertandingan.

Namun, pemakaian VAR di Piala Konfederasi 2017 sudah menyulut sejumlah kontroversi. Pelatih Portugal Fernando Santos menyebut proses pengambilan keputusan di lapangan dengan melibatkan VAR "membingungkan".

(Baca juga: Portugal, Chile, dan Penggunaan Video Replay)

Namun, Infantino justru merasa gembira dengan efek dari penggunaan VAR. Dia yakin ke depannya sepakbola tak akan bisa lepas dari teknologi video.

"Saya sangat gembira dengan VAR sejauh ini. Kita sudah melihat bagaimana video telah membantu para wasit untuk membuat keputusan-keputusan yang tepat. Memang inilah tujuan dari VAR," kata Infantino seperti dikutip Soccerway.

"Ujicoba VAR selama Piala Konfederasi juga membantu kami untuk memperbaiki proses dan menyempurnakan komunikasi. Yang ditunggu-tunggu oleh fans selama bertahun-tahun akhirnya terjadi," tambahnya.

"Ini adalah turnamen yang jadi tonggak sejarah. VAR adalah masa depan sepakbola modern," kata Infantino.



(mfi/luc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed