Portugal Cuma Menang Tipis atas Hungaria karena Terlena

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 04 Sep 2017 13:03 WIB
Portugal hanya menang tipis 1-0 atas Hongaria di Kualifikasi Piala Dunia 2018. Foto: Laszlo Balogh/Reuters
Budapest - Portugal hanya menang 1-0 atas Hongaria meskipun amat dominan. Pelatih Portugal Fernando Santos mengakui timnya sempat terlena.

Bertandang ke Groupama Arena, Senin (4/9/2017) dinihari WIB, Selecao das Quinas diuntungkan dengan kartu merah yang diterima Tamas Priskin di menit 30. Namun, Portugal hanya mampu menciptakan satu gol dari Andre Silva di awal babak kedua.


Sepanjang pertandingan Portugal memiliki 73 persen penguasaan bola dengan menciptakan 24 percobaan (4 ke arah gawang), sedangkan Hungaria membuat 8 percobaan (1 mengarah ke gawang). Menjelang laga berakhir, Portugal nyaris kebobolan lewat sundulan Attila Fiola, yang diselamatkan kiper Rui Patricio.

"Kami adalah tim yang jauh lebih baik di atas lapangan pada 30 menit pertama," kata Santos kepada RTP, yang dikutip Soccer Way.

"Setelah kartu merah (Priskin), saya tidak tahu apa yang terjadi... kami terlena dengan memainkan sepakbola yang begitu agresif dan kami tersesat selama 15 menit berikutnya."

"Saat jeda pertandingan, saya bilang kepada tim agar tidak kehilangan fokus. Kami kemudian comeback dengan sangat baik dan mencetak gol. Sejak saat itu, kami mengendalikan permainan, tapi situasinya memang selalu berbahaya."

Hasil ini memperpanjang tren kemenangan Portugal menjadi tujuh pertandingan berturut-turut di Grup B. Portugal duduk di peringkat kedua dengan 21 poin, terpaut tiga poin dari Swiss di atasnya. Nantinya, juara grup akan lolos langsung ke fase grup Piala Dunia sedangkan delapan tim terbaik bertarung di playoff untuk empat tempat lainnya. (rin/raw)