Argentina, Uruguay, dan Paraguay Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2030

Meylan Fredy Ismawan - Sepakbola
Kamis, 05 Okt 2017 06:24 WIB
Presiden Paraguay Horacio Cartes, Presiden Argentina Mauricio Macri, dan Presiden Uruguay Tabare Vazquez (Marcos Brindicci/Reuters)
Buenos Aires - Argentina, Uruguay, dan Paraguay berkolaborasi dengan mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2030. Presiden dari ketiga negara itu secara langsung mengumumkan pencalonan diri ini.

Presiden Argentina Mauricio Macri, Presiden Uruguay Tabare Vazquez, dan Presiden Paraguay Horacio Cartes bertemu di Casa Rosada, istana kepresidenan Argentina, Rabu (4/10/2017). Ketiganya sempat bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino sebelum menghadiri konferensi pers untuk mengumumkan pencalonan negara mereka sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Uruguay adalah tuan rumah edisi pertama Piala Dunia pada tahun 1930. Negara tersebut berharap bisa menjadi tuan rumah lagi pada perayaan ulang tahun ke-100 Piala Dunia meski bersama dua negara tetangganya.

"Kami tahu ada negara-negara lain yang menginginkannya. Tapi, saya pikir ulang tahun ke-100 dari Piala Dunia pertama di Uruguay menjadikan wilayah ini sebagai prospek yang amat menarik," ujar Presiden Paraguay Horacio Cartes seperti dikutip Reuters.

Uruguay memenangi edisi pertama Piala Dunia di Montevideo setelah mengalahkan Argentina 4-2 di final.

Argentina dan Uruguay, yang sama-sama dua kali menjadi juara Piala Dunia, awalnya memutuskan untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia. Belakangan kedua negara itu juga mengajak Paraguay.

"Ide awalnya datang dari Uruguay dan kami hanya perlu 40 detik untuk mengatakan 'iya'. Dan ketika Paraguay diajukan, saya hanya butuh 40 detik lainnya untuk setuju," ujar Presiden Argentina Mauricio Macri.

Dalam pencalonan ini, sebagian besar pertandingan akan dilangsungkan di Argentina. Paraguay dan Uruguay menyiapkan dua atau tiga stadion sementara Argentina menyiapkan enam hingga delapan stadion.

Ketiga negara juga belum memutuskan di mana lokasi pertandingan pembuka dan final. Pertemuan resmi pertama untuk menyusun perencanaan akan digelar pada awal November.

Sejauh ini belum ada negara atau gabungan negara lain yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. Sementara itu, Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko ingin menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026.

Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, sedangkan Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar. (mfi/nds)