DetikSepakbola
Kamis 11 Januari 2018, 00:07 WIB

Di Piala Dunia 2018, Bisakah Islandia Mengejutkan Lagi?

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Di Piala Dunia 2018, Bisakah Islandia Mengejutkan Lagi? Timnas Islandia berkunjung ke Candi Prambanan (Okdwitya Karina Sari/detikSport)
Yogyakarta - Setelah tampil mengesankan di Piala Eropa 2016, Islandia terus menanjak. Bagaimana peluang Islandia di Rusia? Bisakah kejutan itu terulang kembali?

Tampil sebagai debutan di Piala Eropa 2016, Islandia sukses mencapai perempafinal. Pada prosesnya, tim berjuluk Our Boys ini finis sebagai runner-up grup di atas Portugal dan menyingkirkan Inggris di babak 16 besar sebelum akhirnya ditundukkan tuan rumah Prancis 2-5.

Islandia membuktikan diri bahwa mereka bukan sensasi sesaat. Islandia kembali mengukir sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 usai memenangi grupnya di babak kualifikasi.

Eidur Gudjohnsen membahas peluang Islandia. Topskorer sepanjang masa Islandia itu tidak ingin mematok target yang muluk-muluk.

"Kami harus realistis, yang jelas tidak akan ada banyak kesempatan besar bagi kami untuk menjadi juara Piala Dunia karena kami baru lolos untuk pertama kalinya ke Piala Dunia," ucap eks pemain Chelsea dan Barcelona itu dalam konferensi pers di Hotel Hyatt, Yogyakarta, Rabu (10/1/2018) sore WIB.

"Tapi yang seharusnya menjadi target kami adalah ketika kami pulang, kami merasa kami sudah mengerahkan segalanya di atas lapangan dan bisa pulang dengan kepala tegak. Itulah yang sudah kami lakukan di Piala Eropa. Kami sudah banyak memberi tidak hanya mereka yang mendukung langsung kami di Prancis, tapi juga orang-orang di Islandia, bahkan orang-orang di seluruh dunia tentang siapa tim dan para pemain Islandia," tutur Gudjohnsen.

Di Piala Dunia 2018, Islandia tergabung di Grup D bersama juara dua kali Argentina, Kroasia, dan Nigeria.

"Semuanya harus berada dalam kondisi 100 persen, dengan sedikit keberuntungan dan semuanya ada untuk mendukung kami lolos dari grup," sambung Gudjohnsen.

"Islandia sedang menjalani sebuah periode yang sangat bagus. Kami mendapat manfaat dari investasi yang kami buat. Dan para pemain yang ada memiliki mindset yang tepat, mereka kompak, mereka saling menghormati, mereka saling mendorong dalam cara yang positif. Grup pemain ini adalah salah satu generasi terbaik kami," katanya.



(rin/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed