sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 02 Agu 2018 06:58 WIB

Inggris Pikir-pikir untuk Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Wembley stadion kebanggaan Inggris (Foto: Claudio Villa/Getty Images) Wembley stadion kebanggaan Inggris (Foto: Claudio Villa/Getty Images)
London - Inggris akan mengkaji kemungkinan mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. Tapi, keputusan terkait hal ini tak akan diambil dalam waktu dekat.

Terakhir kali Inggris menjadi tuan rumah turnamen besar adalah saat menggelar Piala Eropa 1996. Tepat 30 tahun sebelum itu, Inggris menjadi tuan rumah Piala Dunia 1966 yang sukses mereka menangi.

Dalam waktu dua tahun ke depan, Inggris akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020, yang memang digelar di beberapa negara sekaligus. Wembley yang merupakan stadion kebanggaan Inggris akan menggelar tujuh pertandingan, termasuk babak semifinal dan final.


Ketua Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), Greg Clarke, menyatakan bahwa organisasi yang dipimpinnya telah sepakat untuk mulai mengkaji pencalonan Inggris sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

"Pekerjaan ini akan berlangsung selama musim baru dan tak ada keputusan yang akan dibuat sampai 2019," ujar Clarke.

Inggris sebelumnya mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Akan tetapi, mereka gagal karena dikalahkan oleh Rusia.

Jika benar-benar maju sebagai kandidat tuan rumah Piala Dunia 2030, Inggris akan bersaing dengan trio Amerika Latin -- Argentina, Uruguay, dan Paraguay -- yang sudah menyatakan akan maju sebagai tuan rumah bersama.


Piala Dunia 2022 akan dilangsungkan di Qatar. Sementara itu, Piala Dunia 2026 akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.


(mfi/rqi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed