DetikSepakbola
Minggu 18 November 2018, 04:50 WIB

Hasil UEFA Nations League: Imbang dengan Italia, Portugal ke Semifinal

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Hasil UEFA Nations League: Imbang dengan Italia, Portugal ke Semifinal Portugal lolos ke semifinal UEFA Nations League usai bermain imbang 0-0 dengan Italia (Foto: Valerio Pennicino/Getty Images)
Milan - Portugal memastikan tiket ke semifinal UEFA Nations League 2018. Hasil imbang 0-0 melawan Italia sudah cukup untuk mengantar Portugal ke babak empat besar.

Dalam pertandingan di San Siro, Minggu (18/11/2018) dini hari WIB, Italia mendominasi permainan di babak pertama. Sementara itu, Portugal lebih banyak mengandalkan serangan balik.

Italia mendapat sejumlah peluang untuk mencetak gol di paruh pertama. Namun penyelesaian akhir yang buruk membuat tuan rumah tak mampu menghasilkan gol.

Babak kedua berjalan relatif seimbang. Meski demikian, kedua tim sama-sama tak mampu mencetak gol.

Dengan hasil ini, Portugal dipastikan lolos ke semifinal usai memuncaki klasemen Grup 3 dengan tujuh poin dari tiga laga. Perolehan angka tim arahan Fernando Santos itu sudah tak mungkin dilewati oleh rival-rivalnya.

Italia sendiri finis di posisi kedua dengan lima poin. Sedangkan Polandia --meski masih punya satu pertandingan-- dipastikan terdegradasi ke Liga B karena baru mengumpulkan satu poin.


Jalannya Pertandingan


Italia langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal pertandingan. Lorenzo Insigne merebut bola dari William Carvalho dan kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan memaksa Rui Patricio melakukan penyelamatan. Bola muntah diteruskan oleh Ciro Immobile, tapi tendangannya melambung di atas mistar gawang.

Portugal menyerang balik dan Bruma dapat peluang di dalam kotak penalti. Namun Giorgio Chiellini memblok tembakan Bruma.

Italia mendominasi permainan dan kembali dapat peluang. Marco Verratti mengirim umpan terobosan kepada Immobile yang bergerak masuk ke kotak penalti. Sepakan Immobile diblok Patricio dengan kakinya.

Italia nyaris menjebol gawang Portugal lewat sundulan Leonardo Bonucci yang memanfaatkan sebuah sepak pojok. Namun bola sundulan Bonucci masih menyamping tipis dari gawang Portugal. Sampai babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Masuk babak kedua, Italia kembali berupaya mengambil inisiatif menyerang. Peluang didapat Federico Chiesa usai menerima bola dari Biraghi, tapi tendangannya membentur pemain Portugal.


Portugal membangun serangan dengan operan-operan di dekat kotak penalti Italia yang membuat barisan pertahanan tuan rumah membuang bola dengan terburu-buru. Bola liar mengarah ke Calvarho yang ada di luar kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun Gianluigi Donnarumma mampu menebak arah bola dengan tepat dan menepisnya.

Giliran Italia yang mengancam lewat Insigne. Penyerang Napoli itu melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, tapi masih menyamping dari gawang.

Di masa injury time, upaya Lorenzo Pellegrini juga tak membuahkan gol untuk Italia. Sundulannya masih terlalu lemah dan bola dengan mudah ditangkap Patricio.

Sampai pertandingan usai, tidak ada gol yang tercipta. Hasil imbang ini membuat Portugal dipastikan memuncaki Grup 3 dengan tujuh poin dari tiga laga.

Susunan Pemain

Italia: Donnarumma; Florenzi, Bonucci, Chiellini, Biraghi; Barella, Jorginho, Verratti (Pellegrini 81); Chiesa (Berardi 87), Immobile (Lasagna 74), Insigne

Portugal: Rui Patricio; Cancelo, Ruben Dias, Fonte, Mario Rui; Pizzi (Joao Mario 67), William Carvalho, Ruben Neves; Bruma (Guerreiro 85), Andre Silva (Danilo 90), Bernardo Silva


(nds/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed