sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 04 Des 2018 15:32 WIB

Mbappe yang Muda, Berbahaya, dan Bergelimang Gelar

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Kylian Mbappe jadi pemain muda terbaik 2018 (Benoit Tessier/REUTERS) Kylian Mbappe jadi pemain muda terbaik 2018 (Benoit Tessier/REUTERS)
Paris - Karier Kylian Mbappe dalam dua tahun terakhir begitu gemilang. Gelar Kopa Award jadi bukti kehebatan Mbappe yang bahkan belum genap 20 tahun.

Untuk pertama kalinya ada Kopa Trophy dalam gala dinner Ballon d'Or, Selasa (4/12/2018) dini hari WIB. Kopa Trophy diberikan untuk pemain muda terbaik di bawah usia 21 tahun.

Mbappe jadi pemenang edisi perdana usai mengalahkan dua pesaingnya, gelandang Borussia Dortmund, Cristian Pulisic yang berada di urutan kedua dan sayap AS Roma, Justin Kluivert menempati posisi ketiga.




Terpilihnya Mbappe bukan tanpa sebab mengingat namanya tengah naik daun dalam dua tahun terakhir. Sejak membawa AS Monaco juara Liga Prancis pada 2017, Mbappe pindah ke Paris St-Germain musim lalu dan meraih tiga gelar domestik.

Kemudian di level timnas, Mbappe berhasil membawa Prancis menjuarai Piala Dunia dan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di turnamen itu.

"Saya sangat senang menerima penghargaan ini. Ini sebagai hadiah atas musim hebat yang baru saja dilalui dan saya berterima kasih kepada rekan-rekan di klub serta timnas," ujar Mbappe seperti dikutip FourFourTwo.

"Saya tidak pernah melupakan petualangan saya di Piala Dunia. Semua itu tercapai berkat mereka. Dan ini jadi motivasi ekstra untuk tetap berusaha lebih baik," sambungnya.




Opta mencatat Mbappe jadi pemain Prancis terproduktif sepanjang tahun ini dengan sembilan gol, hanya kalah dari rekor Thierry Henry dengan 11 gol di 2003. Dia juga jadi pemain Prancis pertama yang bikin 10 gol sebelum berumur 20 tahun..

Dia jadi pemain termuda kedua yang mencetak gol di final Piala Dunia dalam umur 19 tahun 207 hari, hanya kalah dari Pele untuk Brasil di 1958 saat berumur 17 tahun 249 hari.

Sementara di klub, tidak ada yang mencetak gol lebih banyak dari Mbappe musim ini, yakni 12 gol. Dia juga terlibat dalam hadirnya 21 gol dari 23 penampilan di liga sepanjang tahun ini dengan 17 gol dan empat assist.

"Target saya berikutnya? Mengangkat semua trofi, tidak cuma Ballon d'Or tentunya. Saya harus bekerja keras dan saya butuh bantuan rekan-rekan setim," demikian Mbappe.




Mbappe yang Muda, Berbahaya, dan Bergelimang Gelar
(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com