sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 23 Mar 2019 15:58 WIB

Karena Portugal Bukan Cuma Ronaldo

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Cristiano Ronaldo gagal bawa Portugal menang (REUTERS/Rafael Marchante) Cristiano Ronaldo gagal bawa Portugal menang (REUTERS/Rafael Marchante)
Lisbon - Timnas Portugal kembali diperkuat Cristiano Ronaldo tapi malah gagal menang atas Ukraina. Pelatih Fernando Santos punya analisanya.

Ronaldo kembali tampil bersama timnas Portugal setelah rehat usai Piala Dunia 2018. Ia memimpin Selecao das Aquinas di laga kontra Ukraina, Sabtu (23/3/2019) dinihari WIB di laga perdana Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Namun comeback CR7 ini berakhir tak sesuai harapan. Hal tersebut terjadi setelah Portugal hanya mampu bermain imbang 0-0.




Padahal sepanjang laga penyerang Juventus ini sebenarnya mampu membawa Portugal tampil dominan. Skuat Fernando Santos mencatatkan penguasaan bola sebesar 66 persen dibanding Ukraina yang hanya 34 persen.

Selain itu, 18 tembakan juga dilepas Portugal dalam laga ini dengan enam mengarah ke gawang, tiga di antaranya dibuat Ronaldo.

Usai laga, Santos enggan membicarakan soal performa Ronaldo di laga comeback-nya. Menurutnya Portugal adalah sebuah tim dan tidak seharusnya bergantung pada penyerang 34 tahun tersebut.

"Solusinya bukan cuma tugas Ronaldo - dengan atau tanpa Cristiano. Yang terpenting adalah soal Portugal dan Portugal tidak menang. Para pemain tidak puas," Kata Santos dilansir dari Sportskeeda.

Pria 64 tahun tersebut juga berharap para pemainnya segera melupakan hasil imbang ini dan fokus untuk menghadapi laga berikutnya. Mereka akan menjamu Serbia di tempat yang sama, Selasa (26/3).




"Mereka jelas punya banyak pengalaman saat bermain di klub besar, tetapi mereka tidak puas dengan hasil ini dan ini wajar," sambung mantan pelatih timnas Yunani ini.

"Tapi sekarang kami harus memikirkan laga berikutnya. Poin utamanya bukan bagaimana tim dengan Cristiano atau tanpa Cristiano."

"Kami harus memikirkan keloktivitas tim dan bukannya memikirkan apakah Cristiano bermain atau tidak," demikian dia.


(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com